BAGAIMANA CARA MEMBERSIHKAN FILTER AC YANG BENAR

CARA MEMBERSIHKAN FILTER AC
Air Conditioner (AC) ialah perangkat yang penting dalam mempertimbangkan kenyamanan ruangan, terpenting di musim panas. Melainkan, untuk menjaga daya kerja AC konsisten maksimal, amat penting untuk secara teratur membersihkan saringan AC. Saringan yang dekil bisa menyebabkan penurunan efisiensi, meningkatkan konsumsi kekuatan, dan malahan bisa memberi pengaruh kesehatan pernafasan. Berikut ialah tutorial langkah demi langkah seputar metode membersihkan saringan AC dengan benar, metode membersihkan saringan AC ialah matikan AC, lalu cari lokasi saringan AC, lepas saringan AC, bersihkan debu dan kotoran, cek situasi saringan AC, bersihkan saringan AC dengan air, lalu pasang kembali saringan AC dan hidupkan kembali AC.

MENGAPA MEMBERSIHKAN FILTER AC ITU PENTING?
Saringan AC berfungsi sebagai penghambat untuk menangkap debu, serbuk sari, bulu binatang peliharaan, dan partikel-partikel lainnya dari udara sebelum udara hal yang demikian masuk ke dalam cara AC. Saringan yang bersih menolong menjaga kwalitas udara di dalam ruangan dan mencegah partikel-partikel hal yang demikian dari menyumbat bagian-bagian internal AC. Kecuali itu, saringan yang bersih juga menunjang daya kerja AC secara keseluruhan dengan mempertimbangkan aliran udara yang lancar.

PERSIAPAN UNTUK MEMBERSIHKAN FILTER AC:
Alat dan bahan: Obeng, vacuum cleaner, lap bersih, wadah baskom/ember, sarung tangan karet (opsional).
Waktu yang ideal: Bersihkan saringan AC minimal sebulan sekali, terpenting ketika cuaca berdebu.
Kiat aman: Matikan AC dan cabut kabel listriknya dahulu sebelum mulai.

LANGKAH TEPAT MEMBERSIHKAN FILTER AC :
Metode membersihkan saringan AC ialah dengan metode matikan AC, lalu cari lokasi saringan AC, lepas saringan AC, bersihkan debu dan kotoran, cek situasi saringan AC, bersihkan saringan AC dengan air, lalu pasang kembali saringan AC dan hidupkan kembali AC.

Langkah 1: Matikan AC
Sebelum mengawali pengerjaan pembersihan, pastikan untuk mematikan AC dan mencabutnya dari sumber listrik. Ini ialah langkah penting untuk melindungi diri Anda dan mempertimbangkan keselamatan selama pengerjaan pembersihan.
Langkah 2: Cari Lokasi Saringan AC
Saringan AC umumnya berlokasi di dekat unit evaporator, yang dapat ditemukan di dalam unit AC atau di dalam plafon. Baca pertanda pemakaian AC atau manual perangkat untuk mengenal lokasi saringan yang ideal.
Langkah 3: Lepas Saringan AC
Sesudah menemukan saringan, lepaskan penutup atau panel yang melindungi saringan. Hati-hati ketika melepaskan saringan untuk menghindari merusaknya.
Langkah 4: Bersihkan Debu dan Kotoran
Pakai vakum dengan penyedot debu atau sikat lembut untuk membersihkan debu dan kotoran dari saringan. Pastikan untuk membersihkan kedua sisi saringan dengan lembut. Jangan pakai air lantas pada saringan bila saringan hal yang demikian bukan ragam yang bisa dibasahi.
Langkah 5: Cek Keadaan Saringan AC
Periksa saringan untuk memperhatikan apakah ada kerusakan atau keausan. Jikalau saringan menonjol rusak, seketika gantilah dengan saringan yang baru. Saringan yang rusak bisa mengurangi efisiensi AC dan mengakibatkan problem lainnya.
Langkah 6: Bersihkan Saringan AC dengan Air (Opsional)
Jikalau saringan AC Anda bisa dibasahi, Anda juga bisa membersihkannya dengan memakai air. Melainkan, pastikan saringan benar-benar kering sebelum dipasang kembali.
Langkah 7: Pasang Kembali Saringan AC
Sesudah membersihkan saringan dengan benar, pasang kembali saringan ke dalam unit AC. Pastikan saringan terpasang dengan aman dan kembali menutup panel atau penutup.
Langkah 8: Hidupkan Kembali AC
Sesudah saringan terpasang kembali dengan benar, hidupkan kembali AC dan periksa apakah performanya telah kembali normal.

TIPS TAMBAHAN UNTUK MEMBERSIHKAN FILTER AC :
Cek situasi saringan AC secara terstruktur . Ganti saringan bila telah rusak atau tak dapat dibersihkan lagi.
Bersihkan evaporator AC (komponen dalam) secara menyeluruh minimal setahun sekali oleh teknisi AC profesional.
Jaga kebersihan lingkungan sekitar AC supaya debu tak gampang masuk.

JENIS-JENIS FILTER AC :
Ada sebagian ragam saringan AC antara lain ialah saringan AC partikel, saringan AC karbon aktif, saringan AC elektrostatik dan saringan AC HEPA.

Saringan Partikel: Ini ialah ragam saringan yang paling awam dipakai pada AC. Saringan ini dirancang untuk menangkap partikel-partikel kecil seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, dan serpihan-serpihan kecil lainnya yang ada di udara.
Saringan Karbon Aktif: Saringan ini tak cuma menangkap partikel-partikel kecil, namun juga sanggup meresap bau, gas, dan zat-zat kimia yang tak diharapkan dalam udara.
Saringan Elektrostatik: Saringan ini memakai medan listrik untuk menarik dan menangkap partikel-partikel di udara. Mereka umumnya lebih tepat sasaran dalam menangkap partikel-partikel kecil diperbandingkan saringan partikel awam.
Saringan HEPA (High-Efficiency Particulate Air): Saringan HEPA ialah ragam saringan paling efisien yang tersedia. Mereka sanggup menangkap lebih dari 99% partikel dengan ukuran 0,3 mikron atau lebih besar. Saringan HEPA amat tepat sasaran dalam menyaring debu halus, kuman, virus, dan alergen lainnya.

PEMILIHAN FILTER AC YANG TEPAT :
Sesuaikan dengan keperluan: Pilih saringan AC yang cocok dengan keperluan dan situasi lingkungan Anda. Jikalau Anda mempunyai alergi atau sensitivitas kepada partikel tertentu, pertimbangkan untuk memakai saringan HEPA atau saringan karbon aktif yang bisa menyaring alergen dan zat-zat kimia.
Ukuran yang cocok: Pastikan untuk memilih saringan yang cocok dengan ukuran dan spesifikasi unit AC Anda. Ukuran saringan yang tak cocok bisa mengakibatkan kebocoran udara dan daya kerja yang buruk.
Mutu saringan: Investasikan dalam saringan bermutu tinggi yang bisa menangkap partikel-partikel kecil dengan tepat sasaran. Saringan yang bermutu buruk mungkin tak tepat sasaran dalam menyaring udara dan perlu diganti lebih kerap kali.

APAKAH AC BISA MEMBERSIHKAN UDARA?
AC (Air Conditioner) tak dirancang khusus untuk membersihkan udara secara menyeluruh, namun sebagian teladan AC dilengkapi dengan fitur tambahan saringan udara yang bisa menolong menyaring debu, partikel halus, dan alergi dari udara. Figur seperti AC Panasonic nanoe x antivirus dan AC Gree Freair terkini.

CONTOH PRODUK AC YANG BISA MEMBERSIHKAN UDARA :
PANASONIC AC WALL MOUNTED SPLIT DELUXE INVERTER SI BIRU NANOE X 1 PK – CS/CU XPU9XKJ :
https://acwahana.com/products/detil/panasonic-ac-wall-mounted-split-deluxe-inverter-si-biru-nanoe-x-1-pk–cs-cu-xpu9xkj

Panasonic AC Deluxe Inverter SI-BIRU XPU Series ialah AC inverter yang hemat listrik dan bisa memegang watt AC sehingga konsisten bisa memakai elektronik lainnya secara beriringan dengan fitur eco mode. 2 in 1 yang kombinasi antara AC dan Air Purifier. AC ini dilengkapi dengan Teknologi nanoe™ X yang sudah diuji oleh Texcell, Perancis, dan rupanya tepat sasaran 99,99% melawan virus corona. AC ini mempunyai Tingkat Bintang **** ( 4 Bintang ).

AC Deluxe Inverter ini dilengkapi dengan teknologi inverter yang berprofesi dengan menyesuaikan kecepatan rotasi kompresor. Dibandingi ini membikin AC lebih hemat kekuatan sebab berprofesi cocok dengan bobot yang ada di dalam ruangan. Jenis dengan AC non-inverter, AC inverter lebih hemat kekuatan.

Teknologi nanoe™ pada AC ini mempunyai beragam manfaat, seperti mengurangi bau tidak nikmat, menonaktifkan kuman, virus, jamur, serbuk sari, alergen sampai 99%, menghilangkan debu di udara termasuk partikel sekecil PM2.5, serta bisa melembapkan kulit dan rambut Anda.

ECO Mode AC ini dilengkapi dengan fitur ECO Mode yang memungkinkan pengontrolan hemat konsumsi kekuatan dalam 2 jenjang, yakni 80% dan 50% dari watt maksimum. Dengan fitur ini, Anda bisa memegang watt AC sehingga konsisten bisa memakai perangkat elektronik lainnya secara beriringan. Fitur ini menolong memaksimalkan pemakaian kekuatan dan mengurangi tagihan listrik.

SPESIFIKASI PANASONIC AC SPLIT DELUXE INVERTER SI BIRU XPU SERIES :
Daya AC AC Split Dinding – Deluxe Inverter
Produksi Indonesia ( Lokal )
Koneksi Wifi Kontrol Optional ( Comfort Cloud )
Kapasitas PK 1 PK
Jenis Listrik 670 Watt
Kapasitas Pendingin 8.530 Btu/h ( 2,50 Kw )
Tingkat Bintang 4 Bintang
Tingkat TKDN 35.22%
Daya Refrigrant R32
Garansi 1 Tahun Sparepart, 3 Tahun Kompresor

GREE AC SPLIT INVERTER FREAIR SERIES :
GREE AC WALL MOUNTED SPLIT INVERTER FREAIR SERIES 1 PK – GWC-09FREAIR :
https://acwahana.com/products/detil/gree-ac-wall-mounted-split-inverter-freair-series-1-pk–gwc09freair

Gree AC Split Inverter Freair Series ialah sebuah cara pendingin udara dinding terkini dari Gree yang memperkenalkan kinerja terbaik dengan teknologi inverter yang efisien. Dirancang untuk memberikan kenyamanan optimal di dalam ruangan, AC ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mempertimbangkan udara yang bersih dan segar di dalam ruangan.

Two Way Air Exchange for Fresh Air Gree AC FREAIR dilengkapi dengan cara pertukaran udara dua arah yang memungkinkan peredaran udara segar dari luar ke dalam ruangan dan sebaliknya. Ini menolong menjaga kwalitas udara di dalam ruangan supaya konsisten segar dan terhindar dari rasa pengap.

Air Purifier AC ini mempunyai fitur air purifier yang menolong menghilangkan partikel-partikel kecil seperti debu, serbuk sari, dan polutan lainnya dari udara, sehingga menjadikan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk Anda.

CO2 Detector Dengan adanya detektor CO2, AC ini bisa mengevaluasi kadar karbon dioksida di dalam ruangan. Jikalau kadar CO2 meningkat, cara akan berprofesi untuk mengkoreksi kwalitas udara dan mengurangi tingkat CO2 yang berlebihan.

Smart Cleaner Fitur Smart Cleaner memungkinkan AC untuk membersihkan dirinya sendiri secara otomatis, termasuk membersihkan saringan udara dan komponen-komponen lainnya. Ini menolong menjaga kinerja AC supaya konsisten maksimal dan mengurangi keperluan akan perawatan manual.

SPESIFIKASI GREE AC SPLIT INVERTER FREAIR SERIES :
Daya AC AC Split Dinding – Freair Series
Produksi China
Kapasitas PK 1 PK
Jenis Listrik 612 Watt ( 220-240 V )
Kapasitas Pendingin 9.200 Btu/h
Dimensi Indoor 960 x 305 x 200 mm
Dimensi Outdoor 790 x 575 x 350 mm
Ukuran Pipa Cair Gas ¼ inch + 3/8 Inch
Daya Refrigrant R32
Garansi 1 Tahun Ganti Baru, 5 Tahun Sparepart, 10 Tahun Kompressor

KESIMPULAN :
Membersihkan saringan AC secara teratur ialah langkah permulaan yang amat penting untuk menjaga kesehatan dan efisiensi perangkat. Melainkan, untuk mempertimbangkan AC konsisten berprofesi dengan maksimal, Anda perlu melibatkan perawatan yang lebih luas. Dengan menjaga kebersihan saringan, memeriksa refrigerant, membatasi temperatur dengan arif, memeriksa ducting, dan menjadwalkan perawatan profesional, Anda bisa mempertimbangkan bahwa AC Anda berprofesi secara efisien dan memberikan kenyamanan maksimal.

Untuk Surat dan bantuan lebih lanjut dapat hubungi kami di WA, atau kunjungi showroom terdekat anda. Kami tunggu kedatangan mu.

Sumber: acwahana.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top