Hari Libur Maret 2021

0
36
views
sumber: google.co.id

Mengenal detil hari libur Maret 2021 merupakan sebuah kewajiban terutama bagi mereka yang berencana tamasya sebelum bulan Ramadhan. Jauh lebih baik dari dua bulan sebelumnya, pemerintah RI memberikan dua alokasi hari libur yang diberi di minggu kedua Maret. Lalu, ada peringatan apa saja yang menanti Anda di bulan Maret?
Daftar hari libur Maret 2021
• 1 Maret (Hari Peringatan Serangan Umum di Yogyakarta)
Tiap tanggal 1 Maret banyak instansi atau pihak yang merayakan hari istimewa. Seumpama Hari Kehakiman Nasional dan Hari Peringatan Serangan Umum Di Yogyakarta yang juga dikenal sebagai Serangan Umum 1 Maret 1949.
Momen bersejarah hal yang demikian bertujuan untuk mematahkan propaganda Belanda atas NKRI pasca Agresi Militer Belanda II. Tanggal 1 Maret hingga sekarang masih menjadi hari bersejarah yang tidak terlupakan terutama untuk pribumi.
• 11 Maret (Isra Miraj)
Hari libur nasional pertama yang Anda temukan di Maret 2021 merupakan Isra’ Mi’raj. Isra’ Mi’raj merupakan peristiwa bersejarah yang benar-benar penting bagi umat muslim dunia. Sebab di hari hal yang demikian, Nabi Muhammad melaksanakan perjalanan malam hingga mendapatkan wahyu atau perintah sholat lima waktu dari Allah SWT.
Anda yang lelah berprofesi atau belajar selama tiga hari bisa beristirahat sebentar di hari Kamis. Hari yang bertepatan dengan 11 Maret 2021 atau libur nasional.
• 14 Maret (Hari Raya Nyepi)
Tiap kepercayaan mempunyai hari istimewanya masing-masing, semacam itu pula umat Hindu yang merayakan Tahun Baru Hindu Saka. Bedanya, bila tahun baru Masehi disambut dengan pesta dan perayaan kembang api. Karenanya tahun baru saka diperingati dengan menyepi.
Sama seperti Isra’ Mi’raj, Hari Raya Nyepi juga menjadi hari libur kalender 2021 yang kebetulan jatuh pada hari Minggu. Langsung, apa tujuan utama dari Hari Raya Nyepi? Fungsi atau manfaatnya tidak lain untuk menyucikan alam semesta dan manusia.
• 22 Maret (Hari Air Sedunia)
Makhluk hidup butuh air, telah sewajarnya bila tiap-tiap tahun diperingati Hari Air Sedunia sebagai bentuk perhatian terhadap kelestarian air bersih. Menariknya, tiap-tiap tahun penyelenggaraan Hari Air Sedunia dijadikan tema yang berbeda-beda. Seumpama tahun 2016 silam yang mengambil konsep Water and Jobs.
Hari Air Sedunia tidak diperingati sebagai hari libur 2021 nasional. Melainkan bukan berarti Anda mengesampingkan nilai-nilai positifnya. Berpartisipasilah pada Hari Air Sedunia dengan mengurangi tradisi boros air.
• 23 Maret (Hari Meteorologi Sedunia)
Apa kegiatan yang Anda lakukan saat libur panjang 2021? Isi kegiatan dengan hal-hal positif. Salah satu kegiatan positif yang bisa Anda lakukan di akhir Maret 2021 merupakan merayakan Hari Meteorologi Sedunia.
Meteorologi merupakan kajian ilmu yang mempelajari atmosfer bumi. Dari ilmu meteorologi, kita bisa mengenal cuaca hari ini dan hari berikutnya.
Mengenal hari penting tiap-tiap bulannya merupakan bentuk perhatian Anda pada sebagian bidang ilmu ataupun sejarah. Apalagi tidak segala hari peringatan menjadi hari libur nasional yang membuat sosialisasi atau pengenalannya menjadi terbatas.

Sumber: hariliburnasional.com