Tips Mengaktifkan Ragi Kering Dengan Air Hangat Dari Solar Water Heater

0
224
views
sumber: google.co.id

Mengaktifkan ragi kering terbukti bisa dilakukan dengan air hangat dari solar water heater. Ragi yaitu salah satu bahan atau bagian dalam untuk membuat kudapan manis yang penting bagi pengerjaannya.
Ragi kering tersebut tak bisa secara langsung digunakan sebab penting untuk diaktifkan lebih-lebih dahulu. Sebagian orang masih belum tahu bagaimana sistem untuk mengaktifkan ragi kering tersebut. untuk itu berikut yaitu sebagian sistem yang bisa Anda lakukan.
Tips Mengaktifkan Ragi Kering Dengan Air Hangat Dari Solar Water Heater

  1. Memakai air hangat
    Langkah yang pertama yaitu dengan ukur ragi sejumlah yang diperlukan untuk membuat kudapan manis. Sesudah itu gunakan air hangat dari pemanas air tenaga surya dengan temperatur yang tak terlalu panas atau dingin.
    Dalam kata lain suhunya suam-suam kuku saja. Temperatur pastinya sekitar 37 hingga 43 derajat celcius. Walaupun ini sebab kalau suhunya tak terlalu dingin maka ragi tak bisa aktif. Sesudah kalau temperatur airnya terlalu panas maka bisa menyebabkan ragi yang mati.
  2. Larutkan gula dengan air hangat
    Kegunaan dari penerapan gula ini untuk membantu agar ragi tak hanya terasa manis tapi juga memberikan nutrisi pada ragi sehingga bisa termetabolisme dengan bagus.
    Tambahkan sekitar 2 sendok makan gula yang juga dilarutkan pada air hangat pemanas air tenaga solar. Sesudah air hangat dengan campuran gula tersebut sudah siap, maka campurkan ragi kering ke dalamnya. Aduk hingga ragi tersebut larut dan tak ada gumpalan lagi.
  3. Tutup dengan kain lap
    Sebagian orang mungkin tak tahu bahwa ragi bisa lebih pesat aktif saat disimpan dengan keadaan yang gelap. Untuk itu sesudah ragi larut tutup memakai kain lap.
    Diamkan mangkuk berisi ragi tersebut selama kurang lebih 10 menit. Sesudah kalau ragi sudah aktif yaitu saat pada bagian permukaannya sudah ada buih dan gelembung. Sesudah itu, ragi sudah bisa Anda gunakan sebagai campuran membuat kudapan manis.
    Kadang gampang sekali mengaktifkan kembali ragi kering dengan bantuan dari pemanas solar. Pastikan jumlah ragi yang diaktifkan cukup untuk membuat roti cocok dengan resepnya. Temperatur ada sebagian orang yang mungkin kelebihan ragi basah, dalam kata lain tak digunakan semuanya untuk membuat roti. Ragi basah tersebut akan lebih bagus kalau disimpan dalam kulkas dengan temperatur yang dingin.
    Temperatur tersebut akan membantu ragi tak bisa mengembang atau dalam keadaan yang stabil. Ragi basah yang sudah disimpan tersebut juga lebih bagus langsung digunakan dalam waktu tak lebih dari 3 hari.
    Ragi basah yang disimpan dalam temperatur panas bagus sebab temperatur ruang atau air panas solar water heater bisa membuatnya mengembang. Ragi yang mengembang tersebut lebih bagus juga langsung digunakan untuk membuat roti. Sesudah untuk ragi yang kering bisa simpan dalam temperatur yang kering dan bisa bertahan kurang dari setahun.

Sumber: intisolar.com