Sehat dengan Wedang Tomat Pemanas Air Tenaga Solar

0
98
views
sumber: google.co.id

Wedang tomat hangat penuhi asupan likopen dalam tubuh. Pemanas air energi solar menolong menyiapkannya hanya dalam satu tekanan jari. Wajib coba di rumah!
Kandungan sehat sebutir tomat

  1. Sebutir nutrisi
    Sebutir tomat mengandung 5gram karbohidrat dan 1.4gram serat pangan. Tomat minim kandungan gula, sehingga dominan berasa asam. Sempurna kalori yang dikandungnya sekitar 20kalori. Angka ini relatif kecil, sehingga layak untuk diet.
  2. Sumber Likopen
    Likopen merupakan antioksidan kuat yang terkandung dalam warna tomat. Senyawa ini menangkal radikal bebas, dan mencegah penuaan. Likopen terbaik terdapat pada buah yang matang total.
    Senyawa ini akan lebih mudah terserap sekiranya tomat dimasak. Seduhan tomat dengan solar water heater, akan menolong tubuh ternutrisi likopen. Penelitian menggambarkan bahwa likopen bisa menurunkan risiko kanker,
  3. Vitamin C harian
    Tomat memenuhi 28% kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen. Kolagen berfungsi merawat elastisitas kulit, mencerahkannya dari dalam. Di samping itu, vitamin C akan menjaga tubuh tak mudah sakit. Apalagi di cuaca yang tak menentu seperti musim hujan sekarang.
  4. Mengandung Potasium
    Kandungan tomat lainnya merupakan potasium. Mineral ini menolong menyeimbangkan elektrolit tubuh. Berperan dalam transmisi saraf, kontraksi otot, menurunkan risiko jantung dan hipertensi.
  5. Vitamin K
    Tomat juga kaya akan vitamin K. Vitamin ini berperan dalam pembekuan darah. Maka vitamin ini juga berperan dalam mencegah keguguran di trimester 1. Kecuali itu vitamin K bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  6. Hidrasi
    Tomat memiliki kandungan air yang tinggi sekitar 95%. Membuatnya baik untuk menghidrasi tubuh. Tubuh yang tercukupi air akan menghindarinya dari dehidrasi. Sehingga melancarkan daya kerja organ-organ. Melembapkan kulit, serta mencegah bibir pecah-pecah.
    Resep wedang tomat pemanas air energi solar
    • Pilih tomat matang yang segar. Cuci bersih, kemudian potong-potong.
    • Usulan potongan tomat ke dalam gelas, beri madu 2sdt. Dapat ditambah daun mint untuk kesegaran ekstra.
    • Tuang air panas dari pemanas air energi sang surya. Biarkan hingga tomat menjadi lunak dan air keruh.
    • Sajikan hangat.
    Kiat memilih tomat yang baik
    Tak sulit memilih tomat yang segar, ikuti cara berikut. Pertama, observasi warnanya. Pilih tomat yang memiliki bercak hijau atau kuning pada kulit. Hal ini merupakan indikasi bahwa tomat baru saja dipetik.
    Kedua, raba tekstur buahnya. Ambil tekstur yang halus dan tak bergerigil. Buah bertekstur kasar menggambarkan tomat itu sakit. Sehingga kandungan nutrisi tak optimal.
    Selanjutnya tekan permukaan tomat. Buah yang segar akan tegang saat ditekan, tak lembek. Terakhir cium wewangian tomat. Pilih buah dengan wewangian segar yang khas. Buah yang baik tak akan beraroma busuk apalagi menyengat.
    Tomat memang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Konsumsilah tomat tiap-tiap hari bersama pemanas air energi solar. Badan akan terasa lebih bugar. Pilih tomat yang benar-benar segar, agar nutrisinya optimal.

Sumber: intisolarsurabaya.com