Printer Inkjet Gampang Rusak? Mungkin Anda Perlu Coba Ini!

0
181
views
sumber: google.co.id

Memiliki printer inkjet memang memberi segudang keuntungan, namun jika tidak dirawat dengan baik tentu printer tidak akan berfungsi maksimal. Simak informasi seputar kelebihan dan cara merawat printer dengan mudah!

Keuntungan memakai inkjet printer

  1. Hemat perangkat

Hal terpenting dalam menggunakan printer tinta suntik ialah kehematannya. Printer ini menghemat penggunaan perangkat apalagi jika telah disematkan teknologi wireless sehingga tidak membutuhkan komputer server sebagai domain.

Agar dapat saling terhubung pengguna cukup hanya dengan menggunakan nama berikut IP address. Sehingga jika jaringan sedang baik maka komputer dapat dipakai bersama-sama.

  • Hemat listrik

Konsumsi listrik pun cenderung kecil karena tidak membutuhkan satu perangkat yang harus standby sebagai server. Bandingkan satu komputer yang hidup meski diam menghabiskan daya sebesar 100Watt, sedangkan pada printer dalam kondisi diam hanya menghabiskan 0Watt.

Printer dapat tersambung ke perangkat baik laptop, komputer, atau bahkan smartphone tanpa perlu kabel USB. Cara ini juga akan meminimalkan berbagai gangguan yang disebabkan oleh kerusakan kabel maupun korsleting.

  • Mudah dipindahkan

Printer jenis inkjet sangat mudah dipindahkan dan mendukung mobilitas yang tinggi. Selain tidak banyak kabel-kabel yang menyangkut, ukurannya pun tidak terlalu besar sehingga ringan dan fleksibel dibawa.

Pengguna juga tidak perlu memasang atau mencabut kabel USB berkali-kali. Cukup diam di tempat dan koneksi dapat dilakukan melalui jaringan.

Merawat printer inkjet agar lebih awet

  1. Tidak didiamkan terlalu lama

Printer inkjet Indonesia tidak boleh didiamkan berhari-hari tanpa digunakan. Hal itu akan membuat tinta pada pipa-pipanya mengering dan akhirnya macet saat dipakai. Jadi cetaklah dokumen minimal sekali sehari agar printer tidak cepat rusak.

  • Rajin di lap

Debu-debu yang menempel selain membuat printer menjadi kusam, juga bisa masuk ke dalam perangkat dan menyebabkan komponen di dalamnya bekerja tidak maksimal. Untuk itu lap permukaan yang kotor secara rutin agar debu-debu tidak bertumpuk di sana.

  • Pembersihan internal

Umumnya pada saat penginstalan printer di perangkat, akan langsung mendapatkan aplikasi bernama “Clean Head”. Software ini berfungsi untuk membersihkan nozzle head secara otomatis dari dalam. Lakukan pembersihan ini minimal sebulan sekali, bahkan disarankan hingga dua kali dalam sebulan.

  • Pastikan kertas dalam kondisi baik

Sebelum mencetak, pastikan kertas dalam posisi dan kondisi yang baik. Tidak lecet, robek, atau bahkan terlipat. Letakan dalam posisi pas sehingga printer inkjet terbaik dapat bekerja maksimal tanpa macet di pertengahan hanya karena kertas yang tersangkut.

  • Tinta isi ulang berkualitas

Pilih tinta isi ulang kualitas terbaik agar hasilnya tajam dan optimal. Tinta terbaik juga tidak cepat mengering sehingga bisa menjaga saluran pipa tinta tidak tersumbat.

  • Pengisian tinta

Mengisi tinta printer tidak boleh terlalu penuh agar tidak tumpah saat digunakan. Jika sampai tumpah dan meluber, tentu berisiko komponen di dalamnya juga ikut terganggu. Bahkan kebocoran tinta dapat membuat motherboard-nya rusak.

  • Catridge harus selalu terisi

Jangan biarkan kotak tinta kosong dalam waktu yang lama, karena hal ini hanya akan membuat printer mace oleh sisa-sisa tinta kering yang masih menempel pada catridge.

  • Matikan dengan benar

Jangan langsung mencabut kabel daya pada printer karena aliran listrik yang tiba-tiba terputus dapat membuatnya rusak. Selalu matikan perangkat dengan terlebih dahulu menekan tombol “power off” sehingga sistem sudah benar-benar mati sebelum kabel dicabut.

Salah satu jenis inkjet printer yang kuat dan awet adalah printer inkjet merk. Printer berkualitas dengan harga yang murah. Bisa digunakan untuk mencetak berkali-kali baik untuk tugas kantor, kuliah, dan sebagainya.

Sumber: brother.co.id