Perawatan Wajib Pada Pemanas Air Tenaga Matahari Agar Awet

0
116
views
sumber: google.co.id

Pemilik pemanas air daya matahari tentunya sepatutnya tahu bahwa perlu adanya perawatan yang terpola . Pemanas air ini juga bisa mengalami kerusakan atau kehilangan beberapa fungsinya seandainya tak dirawat dengan baik. Tangki yang terlalu dekil dan juga sumbatan pada salurannya merupakan situasi sulit utama dari pemanas air yang tak berfungsi.
Ada beberapa langkah yang perlu dijalankan secara terpola untuk bisa menjaga kondisi pemanas air supaya selalu terjaga dan awet untuk digunakan.
Perawatan yang sepatutnya dijalankan pada pemanas air daya matahari

  1. Pemeriksaan rutin untuk 6 bulan sampai dengan 1 tahun
    Ada beberapa hal yang perlu dijalankan untuk menetapkan kondisi dari pemanas air ini supaya konsisten dalam kondisi yang baik. Secara awam ada dua tahapan perawatan rutin yang bisa dijalankan untuk pemanas air ini berdasarkan waktu kepemilikan. Pemeriksaan pertama yang bisa dijalankan saat penerapan berjalan dari 6 bulan sampai dengan 1 tahun.
    Ada beberapa hal yang perlu dipastikan kondisinya pada waktu penerapan bentang ini seperti di bawah:
    • Lakukan pemeriksaan pada komponen pressure valve, one way valve dan juga pada valve untuk mengetahui segi kubermanfaatnya apakah masih dalam kondisi yang baik.
    • Lakukan pengurasan pada solar water heater dengan mengganti air dalam tangki menerapkan air yang bersih. Air yang terlalu lama diperkenankan di dalam tangki tanpa penggantian umumnya sudah mengandung kotoran yang bisa menyumbat. Kotoran ini seandainya diperkenankan akan mengendap sehingga kwalitas airnya akan buruk dan juga menyebabkan korosi pada tangki penampungannya.
    • Lakukan juga pemeriksaan pada pompa pembatasan supaya keperluan suplai air konsisten lancar. Cek juga pada komponen instalasi pipa supaya tak mengalami kerusakan dan juga korosi.
  2. Pemeriksaan rutin untuk 1 sampai 2 bulan
    Pemeriksaan kedua yang perlu dijalankan merupakan pemeriksaan rutin untuk ukuran satu sampai dengan dua bulan. Pada waktu penerapan ini buktinya Anda perlu menetapkan beberapa fungsi dan pengecekan pada komponen pemanas air daya solar supaya fungsinya konsisten berjalan dengan baik.
    Adapun beberapa hal yang perlu dijalankan untuk pengecekan dalam waktu penerapan bentang bulanan ini ada di bawah:
    • Untuk yang pertama silakan lakukan pengecekan pada komponen air vent. Air vent ini mempunyai fungsi yang krusial merupakan untuk mengeluarkan asap panas atau uap dan juga suhu yang berlebihan.
    • Pastikan juga pada komponen koneksi supaya semuanya konsisten dalam kondisi baik tanpa kebocoran.
    • Jangan lupa lakukan pembersihan pada keseluruhan unit dari debu. Debu yang menyumbat bisa mengganggu saluran pipa pada tangki penyimpanannya.
    • Lakukan juga pemeriksaan secara menyeluruh mengenai kerusakan jasmani yang mungkin terjadi seperti lecet dan sejenisnya.
    Itulah beberapa hal mengenai perawatan sepatutnya pada pemanas air daya matahari yang perlu dikenal. Lakukan beberapa perawatan di atas secara rutin supaya alat water heater Anda konsisten awet.

Sumber: intisolarsurabaya.com