Penting! Kesalahan Menggunakan AC yang Sering Terjadi

0
58
views
sumber: google.co.id

Kekeliruan menggunakan AC masih banyak dijalankan oleh beberapa besar orang. Sedangkan AC bukan suatu barang yang mewah lagi mengingat sebagai alat penyejuk pada saat udara sedang panas. Melainkan pengguna masih sering kali keliru dalam mengoperasikannya sampai boros listrik.
Beraneka kesalahan menggunakan AC yang penting untuk dihindari

  1. Menyetel AC dengan Suhu Paling Rendah dan Kecepatan Fan Maksimum
    Di antara para pengguna AC masih banyak yang mengendalikannya pada temperatur paling rendah di bawah 22 derajat sampai 16 derajat. Hal ini dialamatkan supaya temperatur ruangan kencang dingin apalagi saat dari luar menikmati temperatur yang betul-betul panas. Selain temperatur rendah juga kecepatan fan yang maksimum.
    Penguasaan seperti ini betul-betul salah kaprah karena kompresor AC akan terus bekerja lebih keras secara terus-menerus. Berada di Indonesia ini tak mungkin bisa mempunyai temperatur sampai 16 derajat. Sehingga pada saat memasang temperatur paling rendah akan sia-sia justru malahan boros listrik.
  2. Keliru Menyetel Mode saat Menyalakan AC pada Malam Hari
    Dikala malam hari tiba maka temperatur tubuh akan menurun secara otomatis. Kekeliruan menggunakan AC rumah yang sering kali terjadi pada pengguna yaitu tak membatasi mode dengan benar. Sedangkan saat tidur sebaiknya dikendalikan mode sleep supaya temperatur ruangan bisa disesuaikan dengan gampang.
  3. Salah Menyetel Mode AC Tidak Pantas dengan Situasi Cuaca
    Penguasaan mode AC semestinya disesuaikan pada situasi cuaca saat itu. Sebetulnya bisa dengan gampang membatasi mode cool saat cuaca sedang panas dan kering. Akan tetapi dalam hal ini akan memakan banyak listrik karena kompresor terus berputar lebih kencang sampai suhunya dingin.
    Sebaiknya kalau situasi seperti menggunakan mode dry kalau telah cukup nyaman di dalam ruangan. Mode ini akan mengabsorpsi kelembaban tanpa semestinya mengurangi kesegaran di dalam ruangan. Khusus pada saat hujan maka udara pada ruangan akan lebih terasa panas dan lembab.
  4. Kerap Membuka Tutup Pintu Ruangan
    Kalau berkeinginan keluar masuk ruangan ber-AC maka pastikan pintu ditutup kembali. Jangan memperbolehkan jendela dan pintu dalam situasi terbuka pada saat menyalakan AC. Dikala angin dingin masuk ke ruangan maka AC akan menurunkan kembali suhunya dan membikin kompresor kembali bekerja.
  5. Jangan Langsung Menyalakan AC saat Listrik Baru Menyala
    Kekeliruan menggunakan AC tanpa disadari pada saat mati listrik yaitu langsung menyalakan kembali. Sedangkan listrik menyedot jumlah yang cukup banyak pada penggunaan AC saat dinyalakan. Sebaiknya tunggu dulu 5 sampai 10 menit supaya oli kompresor dan gas freon istirahat.
    Metode yang satu ini betul-betul tepat sasaran guna memperpanjang usia dari AC. Selain itu malahan tarif pengeluaran untuk listrik jauh lebih hemat. Maka dari itu penting bagi pengguna untuk mengamati setiap cara menggunakan AC yang benar.
    Itulah uraian mengenai kesalahan menggunakan AC yang menimbulkan kerusakan fatal sampai boros listrik. Pengaplikasian AC yang salah membikin AC tak sanggup bertahan lama.

Sumber: acwahana.com