Pemanas Air Tenaga Surya Bisa Rusak? Ini Tanda-tandanya!

0
44
views
sumber: google.co.id

Pemanas air tenaga surya merupakan tipe benda elektronik yang bisa menjadikan air panas secara instan. Sama seperti benda elektronik pada lazimnya, pemanas air juga bisa rusak sekiranya sering kali dipakai. Itulah sebabnya Anda patut mengetahui petunjuk-petunjuk kerusakan apa saja agar pemanas air bisa seketika diservis.
Petunjuk-petunjuk kerusakan pemanas air tenaga surya

  1. Tenaga Boros
    Memang setiap benda elektronik menerapkan tenaga listrik sebagai sumber tenaga utamanya. Namun, sekiranya Anda mendapati tagihan listrik di rumah meningkat drastis dikala menerapkan pemanas air, maka bisa jadi pemanas air sudah mulai rusak.
  2. Suhu Air Berubah-ubah
    Petunjuk solar water heater rusak berikutnya merupakan suhu air berubah-ubah. Malahan tingkat panas air tak konsisten, seumpama terlalu panas atau tak panas sama sekali. Lazimnya penyebab suhu air berubah-ubah karena adanya kerusakan di bagian bagian termostat. Thermostat merupakan bagian penting pemanas air agar bisa menstabilkan suhu air.
  3. Mutu Air Menurun
    Pemanas air yang rusak juga bisa diamati dari mutu air yang diciptakan. Seandainya pemanas air mulai menjadikan air berbau dan berwarna, maka pemanas sudah terjadi kerusakan.
    Untuk petunjuk-petunjuk kerusakan ini lazimnya terjadi di bagian tangki yang mulai berkarat. Itulah sebabnya air berubah warna dan mengeluarkan aroma tak nikmat. Seandainya tangki tak seketika dibenarkan, maka hal tersebut akan betul-betul mempengaruhi mutu air. Malahan air yang ada di dalam tangki juga akan berubah warna menjadi cokelat.
  4. Proses Memanaskan Air Lebih Lama
    Lazimnya pemanas air hanya memerlukan waktu beberapa menit untuk memanaskan air yang ada di tangki. Namun sekiranya pemanas air yang Anda gunakan memerlukan waktu yang betul-betul lama, bisa jadi pemanas tersebut rusak. Seandainya pemanas air sudah rusak, seketika lakukan pemeriksaan dengan cara memanggil tukang servis. Atau lakukan pemeriksaan sendiri sekiranya Anda bisa.
  5. Berisik
    Pemanas air tenaga matahari yang sudah lama dipakai akan ada banyak sedimen yang terwujud di dalamnya. Lama-kelamaan sedimen tersebut akan berubah menjadi keras karena adanya pelaksanaan pemanasan berulang-ulang.
    Malahan sedimen tersebut juga menjadi penyebab utama munculnya suara berisik dari pemanas air. Seandainya hal ini terjadi pada mesin pemanas air Anda, artinya pemanas tersebut berada di fase terakhir masa penerapan.
  6. Bocor
    Bocor juga menjadi penanda bahwa pemanas air yang Anda gunakan rusak. Bocor pada pemanas air sering kali terjadi di bagian bawah dan depan aliran selang air panas.
    Penyebab utama kebocoran pada pemanas merupakan karena seal sudah mengeras. Jadi seal tak sanggup menahan tekanan air, dan kesudahannya terjadi kebocoran di aliran air.
    Itulah tadi beberapa petunjuk kerusakan pada pemanas air tenaga surya yang patut Anda ketahui. Dengan mengetahui petunjuk-petunjuk tersebut, diharapkan Anda lebih waspada dan jitu dikala menerapkan pemanas air di rumah. Seandainya Anda menemukan sedikit masalah pada pemanas, seketika lakukan pemeriksaan untuk mencegah kerusakan yang semakin parah.