Pemanas Air Tenaga Surya Bermasalah? Bisa Jadi Salah Satunya Karena Ini!

0
48
views
sumber: google.co.id

Hadirnya mesin pemanas air energi surya memang sangat menolong kesibukan manusia dalam berkegiatan. Tidak cuma itu, peran pemanas dalam kesibukan sehari-hari juga sangat penting sebab dapat memudahkan Anda dalam menerapkan air panas tiap dikala.
Melainkan, sesekali sebagian permasalahan yang dimunculkan oleh pemanas membuat sebagian orang jengkel sebab tidak tahu apa penyebabnya. Makanya yuk cek contoh permasalahan yang dapat terjadi dan penyebabnya di bawah ini.
Daftar permasalahan dan penyebab kerusakan pemanas air energi surya
• Air kurang panas
Penyebab yang paling dasar dari air kurang panas biasanya terjadi sebab tertutupnya malahan panel sel. Bagus itu panel surya terpasang di dalam ataupun di luar. Sekiranya komponen panel surya tertutup, karenanya cahaya sang surya masuk kurang sempurna. Inilah yang menjadi penyebab utama air tangki kurang panas.
Solusi untuk memperbaikinya adalah bersihkan terutama dahulu komponen panel surya pemanas air. Hilangkan segala debu dan kotoran yang merekat, lalu pasang dan coba kembali.
• Aliran air kurang lancar
Pada dikala ingin mengambil air, tetapi aliran air dari solar water heater terasa lambat dan kurang lancar, seketika periksa komponen saringan. Tersumbatnya saringan memang sangat umum terjadi pada mesin, biasanya disebabkan sebab adanya tumpukan kerak, kuman, kuman, lumut, ataupun batu kecil.
Sekiranya aliran air pemanas kurang lancar, Anda tidak perlu cemas. Cukup bersihkan dengan cara melepas komponen ujung shower pemanas, kemudian bersihkan komponen saringannya. Sekiranya saringan sudah bersih, coba nyalakan kembali aliran pemanas air.
• Bocor
Sekiranya terjadi kebocoran di komponen pipa pemanas air. Langsung lakukan pengecekan di komponen bocor tersebut. Biasanya bocor pada pipa pemanas diakibatkan sebab tekanan air terlalu tinggi, sehingga pemanas menjadi rusak dan timbul kebocoran di komponen pipa.
Sekiranya pipa bocor, lakukan pertolongan pertama dengan cara menjaga tekanan air untuk konsisten di posisi 80 psi, jangan lebih. Berikutnya Anda dapat mengganti komponen pipa yang bocor tersebut dengan yang baru, atau dapat juga ditambal dengan menerapkan perekat khusus pipa bocor.
• Rusak
Ada banyak penyebab kerusakan pemanas air energi sang surya. Salah satunya adalah pemakaian pemanas air yang tidak layak dengan kapasitas. Seumpama, anggota keluarga yang dimiliki ada banyak, tetapi menerapkan pemanas air yang memiliki kapasitas kecil.
Pengaplikasian seperti penjelasan di atas akan menimbulkan kerusakan pada pemanas air. Bahkan pemanas air cenderung lebih pesat rusak sebab pemanas berprofesi lebih dari yang sepatutnya. Sekiranya pemanas air rusak, tidak ada solusi lain selain menerapkan jasa servis pakar.
Atau apabila sudah tidak dapat diservis, Anda sepatutnya mengganti pemanas air baru dengan kapasitas yang lebih besar. Selain itu, pemilihan kapasitas yang tepat juga akan mempersingkat lamanya progres menghangatkan air. Jadinya segala anggota keluarga dapat menerapkan air dalam waktu yang bersamaan.
• Pemanas air sudah tua
Seluruh jenis benda elektronik pastinya memiliki batas umur pemakaian. Sama halnya seperti pemanas air yang cuma dapat bertahan hingga 8 hingga dengan 12 tahun.
Sekiranya pemanas air yang Anda pakai sudah sangat lama, karenanya tidak heran apabila acap kali timbul kerusakan di mana-mana. Sekiranya sudah seperti ini, ada baiknya seketika ganti pemanas air dengan yang baru agar tidak menimbulkan kerusakan yang semakin parah.
Demikianlah tadi jenis-jenis permasalahan dan penyebab kerusakan pemanas air yang sepatutnya diketahui. Dalam kesibukan sehari-hari, pemanas air energi surya memiliki peranan yang sangat penting. Secara lagi dalam pemakaian mandi dan konsumsi, dengan menerapkan pemanas air Anda tidak perlu lagi repot-repot memasak.

Sumber: intisolarbandung.com