Olahan Timun Kaya Manfaat dengan Pemanas Air Solar

0
186
views
sumber: google.co.id

Mewujudkan timun sebagai acar dengan pemanas air solar, tak cuma sehat melainkan juga nikmat. Sajikan acar timun ini sebagai pendamping berjenis-jenis kuliner. Dan tahukah Anda ada banyak kebaikan dari timun kalau dikonsumsi oleh tubuh? Berikut ini daftarnya.
Kebaikan Timun Tak Cuma Lalapan

  1. Antioksidan tinggi
    Dengan memakan timun, tubuh akan segar berenergi. Kandungan antioksidan di dalamnya, sanggup menangkal radikal bebas. Meningkatkan imunitas serta mencegah kanker.
  2. Kaya serat
    Tingginya kandungan serat timun, menjadikannya pembersih usus yang bagus. Serat akan mengabsorpsi kotoran usus, menciptakan usus kembali sehat dan bersih. Dengan mengkonsumsi timun, membuang air besar akan lebih lancar. Juga sanggup menuntaskan wasir.
  3. Cegah dehidrasi
    Kandungan air pada timun amat tinggi menempuh 96%. Dengan air sebanyak itu, mengkonsumsi timun akan mencegah dehidrasi. Memakan sebagian potong timun bisa dengan kencang mengembalikan cairan tubuh. Sehingga sesuai dimakan selepas berpuasa dan berolahraga.
  4. Sehatkan tulang
    Rupanya timun mengandung kalsium dan vitamin K yang bagus untuk tulang. Mengkonsumsi timun secara teratur, bagus bagi lansia untuk mencegah osteoporosis. Nyeri sendi juga dapat diselesaikan dengan mengkonsumsi timun.
  5. Sedikit kalori
    Tingginya kandungan air dan serat pada timun, membikin nafsu makan lebih terkontrol. Kalori yang sedikit juga bagus menurunkan berat badan. Timun merupakan teman terbaik untuk diet.
  6. Kulit cemerlang
    Tingginya kandungan air timun, sanggup menghidrasi kulit supaya selalu kelihatan lembap. Kecuali itu berjenis-jenis kandungan vitamin dan mineralnya sanggup mencerahkan kulit. Sehingga banyak produk-produk kecantikan dihasilkan berbahan dasar timun.
    Resep acar timun spesial pemanas air solar
    • Potong dadu 2buah timun, 2buah wortel, 5siung bawang merah, cabai secukupnya, 1sdm gula pasir, dan 2sdm cuka masak.
    • Larutkan gula pasir dan cuka menerapkan air hangat pemanas air surya. Aduk sampai gula terlarut total. Takaran air hangat bisa disesuaikan dengan bahan-bahan acar.
    • Campur seluruh bahan menjadi satu. Kemudian tuang larutan gula dan cuka tadi.
    • Letakan ke dalam wadah plastik kedap udara. Tutup rapat, dan simpan di kulkas.
    • Sesudah 4jam, acar timun siap dirasakan.
    Acar ini dapat dibuat peneman makan nasi goreng, mie goreng, sate, dan lain sebagainya. Tekstur timun yang renyah berpadu asamnya cuka akan menambah cita rasa makanan. Skor plusnya, acar timun ini bagus untuk kesehatan.
    Saus asam manis acar timun tanpa kompor
    • Campurkan 10sdm acar timun dengan saus tomat dan saus saos pedas instant.
    • Tambahkan campuran itu dengan sebagian sendok makan air panas dari pemanas air sang surya. Kasih garam lalu aduk rata.
    • Takaran resep ini bisa dimodifikasi. Tingkat kekentalan dan perbandingan acar, saus, air panasnya bisa disesuaikan dengan selera.
    • Jadikan saus asam manis ini sebagai olahan untuk kuliner Chinese food ala cafe. Dapat juga dibuat sebagai cocolan aneka gorengan, seperti martabak telor, dan lainnya.
    Mengkonsumsi timun memang menyehatkan. Mengolahnya sebagai stok acar di kulkas dengan pemanas air solar akan mempermudah menikmatinya. Kecuali itu, acar timun dapat dikreasikan menjadi campuran berjenis-jenis kuliner nikmat ala cafe.

Sumber: intisolarsurabaya.com