Kipas AC Rusak Bisa Jadi Karena Faktor Berikut Ini

0
59
views
sumber: google.co.id

Penyebab kipas AC rusak ada banyak unsur yang bisa membuat tanda-tanda tertentu muncul. Pun pada sebagian kasus, kipas AC rusak mampu menimbulkan kerusakan di bagian bagian lain. Itulah sebabnya, Anda sebagai pemilik AC diwajibkan melakukan perawatan pada AC. Seketika, apa saja penyebab yang semestinya diwaspadai? Berikut ini penjelasan lebih detailnya.
Beberapa penyebab kipas AC bisa rusak

  1. Kapasitor Pada Kipas Sudah Rusak
    Kipas bisa rusak karena memang kapasitornya juga rusak. Kapasitor ini berkhasiat untuk membantu motor kipas berputar saat dinyalakan. Makanya bunyi motor listrik saat distart bisa halus.
    Kapasitor tersebut biasanya berukuran sekitar 1-2 mikro. Dan metode kerjanya dengan menerapkan bobot listrik yang telah disimpan untuk nanti dialirkan ke bagian kumparan motor dan motor kipaspun jadi bisa berputar.
    Makanya jikalau bagian ini sampai rusak, otomatis kipas AC pun juga rusak dan tak bisa berputar. Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti kapasitornya yang rusak dengan yang baru. Harganya cukup murah kok sekitar 15 ribuan saja.
  2. Kabel Motor Kipas Outdoor Putus
    Apa saja penyebab kipas AC rusak? Penyebab yang kedua ini dikarenakan kabel motor pada dinamo kipas putus. Apabila kabel yang menyambungkan bagian indoor ke outdoor putus, otomatis rotor tak akan berputar.
    Melainkan tak perlu khawatir, metode memecahkan permasalahan yang satu ini cukuplah mudah. Hanya perlu menyambungkan kabel yang putus tersebut. Sesudah selesai, cek dengan menerapkan multitester. Berikutnya barulah pasang kembali motor fan outdoor tadi.
  3. Motor Kipas Bermasalah
    Penyebab kipas AC rusak yang ketiga ini bisa jadi karena motor fannya sendiri rusak. Umumnya motor kipas susah berputar karena adanya kotoran di dalamnya. Atau bisa juga karena dinamo kipas tertutup debu tebal dan sarang-sarang hewan.
    Fungsi dinamo ini ialah memutar baling-baling sehingga bisa keluar udara dan mencegah kondensor terlalu panas. Itulah sebabnya, jikalau motor kipas rusak, baling-baling tak bisa berputar dengan normal.
    Kiat mengatasinya ialah dengan metode membuka cassing outdoor AC. Lalu melepas motor kipas yang terpasang, dan bersihkanlah debu dan kotoran sampai menghilang. Sesudah itu pasang kembali ke tempat semula dan cobalah untuk menyalakannya.
  4. Start Kapasitor Tidak Berharap Berfungsi
    Seperti yang telah ditunjukkan di atas tadi, motor kipas mempunyai kapasitor untuk membantu bagian dinamo berputar. Ketika start ini tak ingin berjalan dengan baik, maka dinamo yang ada pada kipas AC pun tak mendapat suplai berupa dorongan putaran yang pertama. Apabila diperbolehkan terus, poros motor pada kipas pasti tak bisa berputar dan bagian unit outdoor tak bisa berjalan dengan sempurna.
    Apabila memang benar hal ini jadi penyebab kipas AC di rumah rusak, maka jalan keluarnya ialah mengganti kapasitor itu. Bisa dengan minta bantuan teknisi yang menyervis AC dan jangan lupa rawatlah bagian AC supaya lebih awet.
  5. Terdapat Baut Longgar
    Observasi bagian baut kipas outdoor, jikalau ada yang longgar, lantas perbaiki. Karena baut longgar juga bisa jadi penyebab kipas AC rusak tak berputar.
    Bukan permasalahan yang kompleks, biasanya baut longgar disebabkan karena pelaksanaan pemasangan kurang sempurna. Kecuali baut, Anda juga semestinya melihat bagian kabel dan memastikannya.
    Apabila tak ada kabel yang bermasalah, berarti benar, baut-baut tersebut yang longgar. Jadi Anda hanya perlu mengencangkan baut longgar tadi supaya tak terlepas. Dengan demikian itu, kipas AC akan berputar secara normal kembali.
    Itulah tadi sebagian penyebab kipas AC rusak beserta metode mengatasinya. Apabila kipas AC telah rusak parah, sebaiknya lantas saja hubungi jasa teknisi AC supaya tak menimbulkan kerusakan yang kian parah.