Hal Yang Mengakibatkan Solar Water Heater Bisa Menyetrum

0
72
views
sumber: google.co.id

Solar water heater menyenangi menyetrum? Jika Anda pernah merasakan hal hal yang demikian, dapat jadi penyebab utamanya yaitu kurang perawatan di komponen mesin dan kabel water heater. Kecuali itu, ada juga beberapa penyebab lain yang patut Anda waspadai dikala menggunakan water heater di rumah. Apa saja? Berikut penjelasannya.
Bisa Jika Mengakibatkan Solar Water Heater Kecuali Menyetrum

  1. Arus listrik grounding bocor
    Jika pemanas air kekuatan surya yang Anda pakai di rumah tiba-tiba menyetrum ringan. Perlu diwaspadai jika adanya kebocoran di komponen arus listrik yang menyebabkan water heater yang Anda pakai menyetrum tiba-tiba.
    Kecuali itu, bahaya lainnya jika grounding bocor yaitu air panas akan mengalirkan air yang mampu menghantarkan arus listrik. Jadinya Anda akan tersetrum dengan tiba-tiba.
    Jika pemanas air mengalami permasalahan ini, segera hubungi pihak resmi untuk menerima penanganan terbaik. Jangan asal periksa dan mencoba-coba untuk melakukan pembetulan sendiri, salah-salah Anda akan tersetrum.
  2. ELCB pemanas rusak
    Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB) yaitu komponen dari pemanas air yang mempunyai fungsi untuk mendeteksi adanya kebocoran pada arus listrik mesin. Jika pemanas tiba-tiba menyetrum, dapat jadi komponen ELCB inilah yang rusak.
    Jika ELCB rusak, jadinya arus listrik pemanas air akan segera terhubung ke air yang ada di dan tangki pemanas. Inilah yang menjadi penyebab utama air panas yang mengalir dari tangki tiba-tiba menyetrum dikala diterapkan.
  3. Mesin bocor
    Mesin pemanas air kekuatan solar terbuat dari tembaga, jika komponen mesin bocor, bukan tak mungkin water heater akan tiba-tiba menyetrum pemiliknya. Mesin bocor lazimnya terjadi sebab umur mesin telah terlalu tua, atau dapat juga sebab tembaga mesin terlalu acap kali terkena air. Jadinya mesin bocor dan menghantarkan arus listrik ke penggunanya.
    Tak agar mesin tak bocor yaitu letakkan water heater di daerah yang kering. Hindari daerah yang lembap dan acap kali terkena percikan air sebab dapat menyebabkan mesin menjadi pesat rusak.
  4. Contohnya pemasangan salah
    dapat dilaksanakan sembarangan, rupanya cara pemasangan water heater yang salah juga dapat menyebabkan water heater nyetrum. Itulah sebabnya, jika Anda baru menggunakan water heater, lebih baik dipasang segera oleh kekuatan ahli. Ini bermanfaat agar water heater tak menimbulkan permasalahan yang berbahaya.
    Seperti yang telah digambarkan di atas, water heater tak boleh diletakkan di sembarang daerah. Jadi, jika Anda berharap memasang water heater di rumah, senantiasa observasi tata letaknya. Bisa ini bermanfaat agar water heater tak berbahaya dikala diterapkan untuk keluarga.
    Demikianlah tadi 4 penyebab solar water heater menyetrum yang patut Anda waspadai agar keluarga senantiasa aman. Terlepas dari permasalahan hal yang demikian, memang water heater mempunyai fungsi yang betul-betul mempermudah manusia dalam kesibukan sehari-hari. dalam menyediakan air hangat yang dapat diambil kapan malahan tanpa patut repot-repot memasak terutamanya dahulu.

Sumber: intisolar.com