Cara Menggunakan AC Inverter Lebih Hemat Listrik dan Tekan Biaya

0
94
views
sumber: google.co.id

Metode menggunakan AC inverter memberikan banyak profit bagi penggunanya. AC inverter yakni teknologi masa sekarang yang paling handal. Pasalnya dengan menggunakan AC yang satu ini bisa membuat biaya tagihan listrik lebih hemat asalkan sesuai prosedur pemakaian.
Metode menggunakan AC Inverter agar lebih hemat listrik

  1. PK AC Mencukupi untuk Kebutuhan Ruangan
    Dalam pembelian AC, penting sekali untuk mengetahui keperluan PK AC dengan besarnya ruangan yang akan diberikan. Persoalan ini sebetulnya amat klasik melainkan seharusnya dihitung dengan tepat agar pemakaian AC menjadi lebih optimal pada setiap ruangan.
    Seumpama ukuran ruangan 4 x 5 meter seharusnya menggunakan AC 1.5 PK. Hal ini diperhitungkan agar saat rumah menggunakan listrik 450 watt dan keperluan listrik lainnya karenanya bisa terpenuhi segala. Terutamanya PK AC akan berpengaruh pada dingin tidaknya sebuah ruangan.
  2. Tak Mengatur Fan Speed Maksimal
    Sekiranya ingin mengontrol temperatur AC pada 16 derajat karenanya usahakan untuk tak memasang fan speed optimal. Hal ini menjadi salah satu persoalan terbesar saat menggunakan AC inverter. Sehingga biasakan menggunakan temperatur 24 dan kecepatannya 1 atau 2.
    Btu AC seharusnya disesuaikan dengan keperluan temperatur di dalam ruangan. Sebab sistem kerja AC inverter berbeda dengan AC yang konvensional sebab kompresornya tak mati dan cuma dayanya dikurangi atau ditambah. Kompresor AC inverter akan terus berprofesi dan menjadi lebih stabil.
  3. Jangan Menyalakan AC saat Baru Dinonaktifkan
    Metode menggunakan AC inverter agar hemat listrik dengan memberikan jangka waktu pada saat menyalakan dan mematikannya. Sekiranya tak sengaja menekan remote dengan tombol off karenanya jangan lantas menyalakan lagi. Tunggu sebagian saat untuk menyelakannya kembali.
    Biarkanlah oli pada kompresor dan juga freon kembali ke komponen kompresor lagi. Istirahatkan terlebih dulu AC kurang lebih 1 menit untuk bisa dinyalakan lagi. Metode yang satu ini akan membantu pemakaian kompresor lebih bendung lama dan usianya lebih panjang.
  4. Melakukan Service AC Minimal 3 Bulan Sekali
    Perawatan pada AC inverter amat perlu dijalankan guna memperpanjang usia pada AC. Lakukan servis secara berkala minimal 3 bulan sekali agar AC bisa berprofesi lebih optimal. Metode menggunakan AC inverter yang baik dengan mencuci saringan, evaporator dan juga kipas AC.
    Kian banyak kotoran merekat karenanya makin banyak tenaga yang akan diperlukan untuk mendinginkan sebuah ruangan. Karenanya dari itu hindarilah hal seperti ini agar tak merusak AC dan pastinya lebih hemat listrik.
  5. Jangan Tak Membuka dan Menutup Pintu Ruangan
    Salah satu hal yang amat remeh dan sering kali dijalankan oleh banyak orang yakni dengan membuka dan menutup pintu ruangan. Sekiranya udara dingin ini banyak yang keluar dari ruangan karenanya AC akan berprofesi ulang dalam mengontrol temperatur udara.
    Itulah sebagian uraian mengenai sistem menggunakan AC inverter untuk menghemat biaya listrik yang dikeluarkan. Penggunaan teknologi modern yang sudah disematkan kapabel menekan angka pengeluaran biaya listrik.

Sumber: acwahana.com