Cara Mengatasi Kebocoran pada Unit Indoor AC

0
2069
views
Cara Mengatasi Kebocoran pada Unit Indoor AC
sumber: google.co.id

Mengatasi AC bocor keluar air pada komponen indoornya perlu dijalankan secara hati-hati. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerusakan lainnya lagi. Air Conditioner atau AC adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menyejukan atau mendinginkan suatu ruangan. AC memiliki dua unit perangkat dalam pemasangannya adalah unit outdoor dan unit indoor. Segala merk AC tentunya mengharapkan produk mereka memuaskan. Namun keadaan sulit tak jarang timbul pada AC dan perlu perapihan oleh spesialis.
Penyebab ac bocor keluar air pada komponen indoor
Hakekatnya unit indoor AC telah didesain sedemikian rupa sehingga nyaman dan aman bagi para penggunanya. Termasuk dilengkapi dengan talang dan instalasi saluran pembuangan air. Kedua komponen ini bertugas untuk menahan dan menampung tetesan air yang menetes dari evaporator. Namun sayangnya, padahal telah didesain sedemikian rupa, keadaan sulit masih tak jarang timbul adalah unit AC indoor bocor.
Permasalahan ini wajar terjadi dan memang tak jarang dikeluhkan oleh para pengguna AC. penyebab AC bocor pada indoor yang paling tak jarang terjadi adalah tersumbatnya talang atau saluran instalasi pembuangan air dengan lumut, kotoran atau lender. Munculnya kotoran, lender atau lumut tentu saja disebabkan oleh kumpulan tetesan-tetesan air yang disebabkan oleh penguapan AC dikala dinyalakan. Kondisi seperti yang terjadi dalam rentang lama dan temperatur yang dingin membuat lumut bermunculan.
Cara menuntaskan ac bocor keluar air pada komponen indoornya
Terdapat beberapa tips untuk mengantisipasi dan menuntaskan keadaan sulit tersebut. Berikut ini adalah daftar tips agar AC unit indoor tidak mengalami kebocoran atau tetes lagi:
• Menjaga kebersihan pendingin ruangan
Tips pertama untuk mencegah AC bocor ada unit indoor adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan pendingin ruangan bisa dilakuka dengan mencuci secara rutin minimal satu kali dalam rentang waktu 2 bulan.
• Membersihkan talang buangan secara rutin
Cara mencegah atau menuntaskan air menetes dari AC indoor yang kedua adalah dengan membersihkan talang atau saluran buangan secara rutin. Hanya teknisi saja yang mampu mengerjakan hal ini. Untuk itu, mintalah teknisi untuk mengerjakannya dikala pelaksanaan servis.
• Pastikan kemiringan unit indoor
Saat hendak memasang unit indoor AC, pastikan bahwa tingkat kemiringan lebih rendah sedikit dari komponen pembuangan. Dengan demikian itu, kebocoran air tidak akan terjadi.
• Cek secara terpola saluran pembuangan air
Lakukan pengecekkan secara terpola terhadap selang pembuangan AC sehingga kelancaran fungsinya bisa selalu dipastikan.
• Jangan melipat selang
Sekiranya memerlukan instalasi pemasangan AC yang cukup panjang, maka jangan melipat selang pembuangan tetapi lantas menurunkan selang air tersebut.
• Bersihkan filter udara
Terakhir, lakukan pelaksanaan pembersihan filter udara secara rutin setidaknya sekali dalam 1 hingga 2 minggu.
Sebagian tips menuntaskan AC bocor keluar air pada komponen indoornya yang telah dibuktikan di atas tentu seharusnya diperhatikan serta dijalankan dengan seksama. Unit AC indoor yang bebas dari kebocoran tentu bisa membuat masa penggunanya menjadi lebih panjang dan lebih nyaman.

sumber: wahanasuperstore.com