Apa Saja Bagian Utama Dari Pemanas Air Tenaga Surya?

0
49
views
sumber: google.co.id

Pemanas air kekuatan surya merupakan alat elektronik rumah tangga yang umum dipakai untuk menyediakan air panas. Di dalam pemanas air itu sendiri terdapat beberapa komponen utama yang menyokong pelaksanaan pemanasan air. Berikut merupakan beberapa komponen utama pemanas air beserta fungsinya.
Bagian-komponen utama pemanas air kekuatan surya

  1. Tangki
    Tangki merupakan salah satu komponen utama pemanas air. Tangki pemanas air biasanya terbuat dari bahan baja untuk menahan air panas dari pemanas. Tangki pada pemanas air berfungsi sebagai wadah untuk menampung air panas dengan volume yang layak dengan ukuran.
    Di dalam tangki pemanas dilapisi dengan kaca liner agar kotoran yang ada di dalam air tersaring keluar berbarengan dengan air. Dengan begitu kwalitas air akan jauh lebih bersih.
  2. Pipa Saluran Air Panas dan Dingin
    Di dalam solar water heater terpasang dua macam pipa, merupakan pipa untuk air panas dan air dingin. Kedua pipa tersebut berfungsi sebagai daerah untuk mengalirkan air dari tangki ke beberapa saluran air yang akan dipakai.
  3. Unsur Pemanas
    Unsur pemanas merupakan macam komponen sepatutnya di setiap macam pemanas. Sebab unsur pemanas dapat memudahkan pelaksanaan menyediakan air panas. Umumnya unsur pemanas yang dipakai oleh mesin pemanas air merupakan sama dengan macam unsur pemanas pada oven.
  4. Termostat
    Kecuali unsur pemanas, termostat juga tak kalah penting bagi pemanas air. Termostat berfungsi sebagai pengendali suhu air yang ada di dalam tangki. Dengan termostat, suhu panas air di dalam tangki dapat terjaga dengan bagus dalam jangka waktu yang lama.
    Umumnya di setiap macam pemanas telah terpasang termostat untuk memudahkan para penggunanya. Dengan begitu Anda dapat mengaplikasikan air hangat panas tanpa sepatutnya memasak terpenting dulu.
  5. Katup Pengaman
    Setiap macam pemanas air kekuatan matahari pastinya telah terpasang dengan katup pengaman. Sebab katup pengaman berfungsi mencegah terjadinya ledakan sebab tekanan udara berlebihan yang dapat saja terjadi pada tangki.
  6. Katup Pembuangan
    Kecuali katup pengaman, katup pembuangan juga betul-betul penting sebab komponen ini memiliki fungsi untuk menolong dan menyimpan air. Pada saat Anda mau mengganti unsur atau memindahkan tangki, komponen ini nantinya akan berperan penting.
  7. Batang Anoda
    Batang anoda yang terpasang di pemanas air berfungsi agar tangki tak kencang korosi dan rusak. Tidak hanya itu saja, batang anoda juga cakap memberi tahu seberapa bagus kwalitas air yang ada di dalam tangki.
    Jikalau air yang dialirkan oleh tangki berbau dan berubah warna, itu artinya Anda sepatutnya mengganti batang anoda dengan yang baru.
    tadi beberapa komponen penting dari pemanas air kekuatan surya yang perlu Anda kenal. Hadirnya pemanas air saat ini membikin kesibukan sehari-hari semakin gampang, malah Anda dapat mengaplikasikan pemanas air untuk berjenis-jenis kesibukan rumah tangga. Jadi tak heran kalau saat ini penerapan pemanas air terus meningkat.

Sumber: intisolar.com