4 Solusi dalam Memilih Barcode Printer yang Sesuai

0
296
views
sumber: google.co.id

Awalnya label kode bilah atau barcode dibuat untuk membuat sistem klasifikasi produk di supermarket menjadi lebih otomatis dan cepat. Untuk mencetak tinta menjadi batangan garis-garis hitam, diperlukan mesin khusus yang disebut barcode printer. Lalu bagaimanakah menentukan  perangkat cetak yang sesuai? Simak ulasannya berikut.

Keuntungan kode bilah di berbagai bidang

  • Akurat

Keakuratan menjadi salah satu poin utama dalam penggunaan kode bilah. Pengusaha dapat memasukkan data apa pun ke dalamnya dan akan mendapatkan informasi yang akurat dan menyeluruh.

  • Tepat

Informasi yang dapat dibaca pun sangat tepat sesuai jenis barang dan pemilahannya. Sehingga data dapat dicari dengan lebih mudah dan tepat tanpa perlu membuang waktu.

  • Hemat biaya

Pembuatan kode ini cenderung murah dan untuk mencetaknya pun dapat menggunakan barcode printer dan scanner jenis tertentu. Setiap mesin cetak memiliki pemeliharaan dan kemampuan yang berbeda-beda. Jadi pilihlah yang paling sesuai dengan keperluan.

  • Cepat

Untuk membaca kode ini memang dibutuhkan alat pemindai khusus yang disebut barcode scanner. Dengan alat tersebut membuat waktu pembacaan data menjadi sangat cepat dan efisien bahkan hanya perlu beberapa detik saja.

  • Mampu bersaing

Dengan kinerja perusahaan yang lebih dapat di efisienkan dengan bantuan penggunaan kode batang, maka tentunya bisnis dapat berkembang lebih cepat.

  • Peningkatan kinerja

Menggunakan barcode printer Brother untuk mencetak kode bilah tentu dapat meningkatkan produktivitas bisnis lebih maksimal. Penggunaannya pun cepat dan akurat sehingga tidak membuang banyak waktu.

Solusi barcode printer yang sesuai

  1. Inkjet

Printer inkjet membutuhkan tinta untuk mencetak kode bilah. Meski harga yang ditawarkan terjangkau namun pengusaha masih harus membeli tinta untuk isi ulang yang tidak murah. Printer jenis ini memang juga dapat digunakan untuk cetak stiker tetapi kinerjanya lebih lambat.

Printer inkjet juga cenderung tidak tahan terhadap debu dan kotoran sehingga perawatannya harus ekstra hati-hati. Kelemahan lain tintanya cepat mengering apalagi ketika volumenya sudah hampir habis. Sehingga mudah menyumbat pipa saluran tinta ke kertas cetak.

  • Laser

Jenis ini sudah tidak lagi menggunakan tinta tetapi diganti toner dengan warna hitam. Cara kerjanya mirip seperti mesin fotokopi sehingga mampu mencetak data dengan cepat. Untuk ketajaman tidak usah diragukan karena hasil cetakannya sangat akurat.

  • Dot Matrix

Jenis ini menggunakan jarum-jarum kecil yang akan menekan bidang cetak untuk menghasilkan pola barcode dengan lebih tepat. Jumlah jarum akan menentukan kecepatan daya cetaknya, jadi sesuaikan hal tersebut dengan kebutuhan.

  • Thermal

Tidak seperti jenis printer lain yang masih memakai tinta atau toner, jenis thermal murni menggunakan panas untuk menghitamkan bidang cetak. Sehingga lebih praktis dan menghemat biaya. Hasilnya pun tetap akurat dan tersedia berbagai macam ukuran yang dapat dipilih.

Demi menjaga kredibilitas usaha di mata pelanggan serta alasan efisiensi memang sebaiknya pebisnis harus mulai melirik penggunaan barcode printer. Namun pastikan membeli mesin cetak tersebut hanya pada toko resmi Brother agar mendapat produk yang asli serta bergaransi resmi.

Sumber: brother.co.id