Langkah Jasa Audit Perusahaan Dalam Memeriksa Masalah Laporan Keuangan

0
98
views
sumber: google.co.id

Jasa audit perusahaan memiliki tugas melaksanakan pemeriksaan dan penilaian kesehatan suatu perusahaan dari laporan keuangannya. Audit laporan keuangan memiliki fungsi yang amat penting bagi perusahaan. Seperti mengamati adanya kesalahan pencatatan pada laporan keuangan.
Langkah Jasa Audit Perusahaan Dalam Memeriksa Situasi Laporan Keuangan

  1. Menyiapkan data
    Sebagai jasa audit perusahaan yang terpercaya sebelum melaksanakan pemeriksaan harus memiliki data yang valid sebagai rujukan. Data tersebut berupa laporan keuangan perusahaan pada jangka waktu yang akan diaudit.
    Langkah awal pengaudit harus mengenal catatan primer sejumlah akun yang ada. Selanjutnya itu adalah kuitansi sebagai penerimaan uang, arsip tagihan belanja, slip penyetoran, catatan gaji, buku bank, dan jika ada buku besar.
    Setelah data yang dibutuhkan adalah laporan dan resume rekonsiliasi, hibah yang diatur, dan piutang. Kemudian sebagian data juga adalah jadwal jatuh tempo bagi utang, daftar aset konsisten, dan isu lain meliputi organisasi.
  2. Perikatan audit
    Progres menyiapkan sebagian data berikutnya pengaudit melaksanakan sebagian progres uji untuk memeriksa kesehatan keuangan. Selanjutnya pertama adalah menerima perikatan audit. Tahap ini dikerjakan kesepakatan yang disetujui oleh perwakilan perusahaan dan pengaudit.
  3. Perencanaan progres audit
    Setelah melaksanakan perencanaan progres audit adalah lewat memahami bagaimana progres bisnis perusahaan yang diaudit. Sistem itu juga mempertimbangkan resiko audit serta melaksanakan pengembangan perencanaan dan program audit.
  4. Pengujian audit
    Kemudian akan masuk progres pengujian audit di mana pengaudit melaksanakan pembandingan sebagian data dengan isu lainnya. Selanjutnya itu dikerjakan lewat sistem pengujian pengontrolan.
    Ketika tersebut berguna untuk mempertimbangkan optimalnya pengontrolan internal dan pengujian substantif. Berfungsi menemukan dilema yang berimbas ke laporan keuangan.
  5. Melaporkan hasil audit
    Mempersembahkan sesudah melaksanakan pemeriksaan yang mendalam pada laporan keuangan perusahaan akan memberikan hasil yang sudah diaudit. Hasil ini mempertimbangkan skor laporan keuangan perusahaan dalam situasi yang wajar atau tidak
    Walaupun memberi hasil keputusan pengaudit harus amat teliti karena hasil tersebut menjadi rujukan perusahaan untuk mengamati situasi keuangannya. Selanjutnya tersebut juga menjadi tanggung jawab pengaudit atas penilaiannya.
  6. variasi opini hasil audit keuangan
    Sebagai jasa audit perusahaan yang aman harus diperhatikan variasi opini yang akan diberikan sesuai penilaian. Ada 4 variasi opini hasil audit keuangan adalah wajar tanpa pengecualian, wajar dengan pengecualian, tidak wajar, dan tidak memberikan pendapat.
    Pertama pada opini wajar tanpa pengecualian adalah perusahaan yang memiliki data wajar sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku. Kemudian wajar dengan pengecualian adalah perusahaan yang memiliki data yang wajar tetapi memiliki kekurangan di pos tertentu.
    Opini tidak wajar diistilahkan dengan data perusahaan tidak sesuai menurut prinsip akuntansi sehingga digolongankan keuangan kurang sehat. untuk tidak memberikan pendapat pengaudit terbatas ruang lingkup sehingga tidak beranggapan harus.
    sejumlah langkah yang dikerjakan oleh jasa audit perusahaan dalam membongkar dilema laporan keuangan yang kritis. Langkah tersebut harus dikerjakan sesuai urutan kaidah yang berlaku. Berfungsi untuk menerima skor audit yang valid dan terpercaya.

Sumber: trusvation.com