Resep Makanan Sederhana Mudah Dan Sehat: Urapan

0
1366
views
sumber: google.co.id

Pasti Anda ketahui dengan menu resep makanan sederhana yang sehat satu ini? Tak lain dan tidak bukan, menu masakan yang cocok untuk para vegetarian dan sudah dikenal luas sebagai menu sehat dengan bahan utama sayur-mayur ini adalah Urapan. Urapan adalah salah satu menu yang bisa dibilang salad-nya Indonesia. Bahan utama pembuatan masakan ini adalah sayur-sayuran yang segar yang diurap atau dicampur kasar dengan parutan kelapa yang sudah dibumbu. Sepertinya gampang sekali membuatnya, nah mari lantas mempraktikkannya.
Bahan-bahan:
Resep masakan kali ini adalah resep masakan yang akan digemari oleh para vegetarian dan sama sekali tidak mengaplikasikan bahan makanan daging atau telur seperti yang umum ada pada resep makanan sederhana dari telur. Resep masakan kali ini benar-benar sehat tanpa msg, tanpa lemak, dan tanpa kolesterol. Pertama kali Anda sepatutnya mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut ini:
1. Kacang panjang ikat
2. Tauge ½ ons
3. Sayur bayam 1 ikat
4. Sayur kangkung 1 ikat
5. Sayur kemangi 1 ikat
6. Wortel 3 buah
7. Kelapa 1 buah
8. Daun jeruk nipis 4 lembar
9. Bawang putih 5 siung
10. Kencur 2 buah
11. Cabe merah dan cabe rawit cocok selera
12. Gula merah 1 sdm
13. Gula pasir 1 sdm
14. Garam secukupnya
Sistem Membikin Urapan:
Seperti yang diamati, bahan-bahan yang dipakai untuk membuat urapan ini terbuat dari bahan sayur mayur berupa daun bayam, kemangi, dan kangkung, yang dicampur dengan potongan kacang panjang, taoge, dan potongan wortel. Nah, cara membuat resep makanan sederhana ini pertama adalah dengan memotong bahan-bahan yang ada. Potonglah kacang panjang dengan ukuran 2 cm. Potong juga wortel dengan wujud memanjang tidak terlalu tebal. Potong daun bayam, kangkung, dan kemangi pada komponen daunnya saja, komponen batang dibuang atau tidak dipakai.
Lalu resep masakan praktis dan kencang ini dihasilkan dengan cara merebus lebih-lebih dulu sayuran tersebut dengan memasukkan wortel pertama kali di dalam panci kemudian diikuti dengan dedaunan yang lain dan taoge yang direbus secara berbeda. Lalu sesudah separo matang angkat dan tiriskan. Saat merebus tambahkan sedikit garam dan gula ke dalam air rebusannya. Sesudah itu, buatlah bahan bumbu yang terbuat dari parutan kepala yang halus yang dicampurkan dengan bumbu. Bumbu yang dipakai terbuat dari tumbukan bawang putih, bawang merah, kencur, cabe merah, cabe rawit, gula merah yang digerus, dan gula pasir menjadi satu.
Lalu masukkan campuran kelapa dan bumbu ke dalam wadah pengukus dengan campuran irisan daun jeruk agar lebih nikmat. Sesudah bumbu urapan dikukus sampai matang maka campurkan bumbu tersebut ke dalam sayuran yang sudah direbus sebelumnya sampai merata. Jadilah resep makanan sederhana Urapan yang familiar dengan rasa lezat dan gurih tersebut. Masakan ini bisa menjadi menu santapan yang lezat dan menyehatkan untuk diri Anda.

 

Sumber: masakannusantara.xyz