Apa yang Harus Dilakukan Jika Seaman Book Pelaut Anda Hilang?

0
107
views
sumber: google.co.id

Menjadi seorang pekerja di atas kapal atau pelaut, selain mempunyai hak perlindungan juga mempunyai sebuah Seaman book pelaut. Seaman book atau kata lain dari buku pelaut ini ialah dokumen penting dari pemerintah sebagai buku track record seorang pelaut mengenai catatan pekerjaannya.
Pelajari Lebih Dahulu Manfaat dan Fungsi Seaman book pelaut
Untuk membikin dokumen penting bagi pelaut seperti seaman book ada beberapa prasyarat yang semestinya dipenuhi. Tapi, apakah kau tahu apa saja manfaat dan fungsi dari buku ini sebenarnya bagi para pelaut hal yang demikian. Antara lain bisa berfungsi sebagai berikut:

  1. Sebagai identitas diri
    Seseorang sudah semestinya mempunyai identitas diri, termasuk dilingkungan pekerjaan. Buku ini ialah kartu identitas para pelaut saat bekerja, sehingga siapapun tahu pelaut hal yang demikian bekerja di perusahaan pelayaran mana.
  2. Catatan kerja atau track record
    Sesudah berfungsi sebagai identitas, buku ini juga berfungsi sebagai buku catatan pekerja laut hal yang demikian dalam bekerja. Baik atau tidaknya hasil pekerjaaannya bisa tertera dalam buku ini sebagai track record.
  3. Daftar ijaza
    Buku ini juga berfungsi sebagai daftar ijaza sipemilik buku.
  4. Pengalaman berlayar
    Komponen terakhir dari fungsi seaman book ini ialah sebagai bukti pengaaman berlayar seorang pelaut, ayaknya surat keterangan kerja seorang pegawai perusahaan.
    Sesudah kita mengenal apa saja manfaat dan kegunaan buku ini, sudah pasti sebagai seorang pelaut semestinya sangat menjaga eksistensi buku ini agar tidak sirna, rusak ataupun robek. Jikalau seaman book sirna akan sangat fatal dan sangat menyulitkan pekerja.
    Solusi yang Semestinya Dijalankan jikalau Buku Pelaut Hilang
    Buku catatan seorang pelaut disebut sebagai seaman book, sehingga tiap pelaut semestinya mempunyai buku ini. Untuk mengenal sejauh mana hasil pekerjaan sang pelaut hal yang demikian. Tapi bagaimana jadinya jikalau buku ini pada akhirnya sirna ataupun rusak, apa yang semestinya dikerjakan oleh si pemilik?.

Buku pelaut sirna bisa diurus dengan beberapa metode ialah dengan mengajukan permohonan meaui onine, ada menu buku peaut yang bisa dipilih. Cara memperbaikinya hampir sama dengan pada saat mengurus buku ini pada saat masa berlakunya habis. Langkah-langkahnya adaah sebagai berikut :

  1. Login
    Karena pengajuannya melalui online, maka si pemohon semestinya login terutama dulu. Supaya bisa masuk ke menu selanjutnya.
  2. Masuk Menu Permohonan
    Sesudah sukses login, langsung cari dan masuk pada menu permohonan. Untuk bisa mengajukan buku baru dengan memasukkan data-data si pemilik
  3. Menu Pengajuan Buku
    Jikalau sudah timbul menu permohonan, lanjut dengan mengklik tombol yang ada pengajuan permohonan pembuatan buku baru.
  4. Isi Data
    Selanjutnya ialah komponen pengisian data jasmaniah pemilik buku dengan menyertakan alasan penggantian buku.
  5. Cetak
    Sesudah seluruh selesai dikerjakan, pemohon bisa langsung mencetak hasil pengajuan untuk menjadi buku baru. Mudah bukan.
    Sesudah Anda menerima kembali buku pelaut hal yang demikian, kemudian Anda bisa memakainya dalam prasyarat melamar lowker pelaut.

Sumber: jobpelaut.com