Wisata Religi Di Tanah Minang, Ada Miniatur Makkah!

0
33
views
sumber: google.co.id

Liburan religi di Tanah Minang sama dengan menyusuri paduan megahnya warna-warni adat dan kebudayaan dari sejarah perkembangan ajaran agama di Sumatera Barat. Sebagaimana yang dikenal, Sumbar yakni provinsi dengan jumlah pemeluk agama Islam yang banyak. Sehingga, kita akan lebih kerap kali menemukan daerah ibadah bernuansa islami saat bertamasya ke Tanah Minang.
5 Daerah tamasya religi di Tanah Minang terpopuler

  1. Mesjid Raya Sumatera Barat
    Di Padang kita dapat menemukan mesjid terbesar yang diketahui sebagai Mesjid Raya Sumatera Barat. Mesjid ini memiliki magnet tamasya yang kuat sebab arsitektur rumah Bagonjong ala Minangkabau yang sungguh-sungguh kental dengan tambahan modern di sana-sini.
    Dibangun di lahan seluas 4.430 meter persegi, Mesjid Raya Sumatera Barat menonjol sungguh-sungguh mewah dan megah. Mengunjungi daerah ini sungguh-sungguh menyenangkan, kita tak perlu mengeluarkan uang. Mesjid ini disebut-ucap bendung gempa pun sampai daya yang menempuh 10 SR.
  2. Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan
    Dikala melaksanakan tamasya religi Sumatera Barat sesaat sesudah mengunjungi Mesjid Raya Sumbar, pastikan datang ke Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan. Semasa hidupnya beliau diketahui sebagai penyiar agama Islam paling aktif di Sumbar.
    Untuk menghormati dan mendoakan beliau, warga sekitar terbiasa melaksanakan kultur Basapa, kultur ini dilaksanakan tiap-tiap 10 safar. Meski semacam itu, zona Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan tak pernah sepi dari pengunjung tiap-tiap harinya.
  3. Mesjid Muhammadan
    Jika berharap mengamati mesjid tertua yang ada di Kota Padang, karenanya bertandanglah ke Mesjid Muhammadan. Mesjid ini sudah dibangun pada tahun 1843 dan masih diaplikasikan sampai kini. Bangunan mesjidnya masih sungguh-sungguh kokoh dan cakap menampung Jemaah dengan bagus dalam jumlah yang banyak.
    Mesjid Muhammadan yakni sebuah mesjid peninggalan dari keturunan India yang beragama muslim. Di Mesjid Muhammadan kita akan berkenalan dengan kultur tabur gula, kultur Serak Gulo ini umumnya dilaksanakan setiap 1 jumadi akhir dalam penanggalan hijriah.
  4. Miniatur Makkah
    Berkunjung ke Sumbar, pastikan pergi ke Miniatur Makkah untuk melaksanakan tamasya religi Minangkabau. Pada dasarnya, daerah ini yakni daerah manasik haji yang sudah dioperasikan semenjak 2001 lalu.
    Yang membikin Miniatur Makkah sungguh-sungguh unik dan menarik yakni view-nya yang sungguh-sungguh menawan dan natural. Pihak pengelola sengaja mempertahankan panorama hijau yang diberi oleh perbukitan. Kecuali menonjol sungguh-sungguh asri daerah ini juga senantiasa teduh dan segar.
  5. Mesjid Raya Ganting
    Daerah terakhir ini sungguh-sungguh menarik sebab kombinasi arsitektur dari Timur Tengah yang bersua dengan Cina dan Spain. Sehingga mewujudkan Mesjid Raya Ganting yang dulu kala dimanfaatkan pemuka agama untuk menyiarkan agama Islam.
    Itulah lima daerah tamasya religi di Tanah Minang yang bagusnya tak dilewatkan semacam itu saja saat bertamasya ke Sumatera Barat. Mengunjungi daerah tamasya alam boleh saja, namun pastikan pula pengetahuan spiritual ditambah dengan mengunjungi sebagian daerah di atas.

Sumber: hariliburnasional.com