Rute Menuju Bendungan Kamijoro

0
109
views
sumber: google.co.id

Rute menuju Bendungan Kamijoro sebuah bendungan yang membelah sungai progo ini dapat lewat jalan wates atau malioboro. Bendungan ini berfungsi sebagai irigasi bagi masyarakat sekitar kabupaten Bantul. Kecuali itu bendungan ini juga diwujudkan sebuah taman hiburan yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk berfoto, jogging atau merasakan udara petang hari. Supaya dapat berkunjung ke daerah ini, berikut ada penjelasan mengenai rute, harga karcis masuk dan sistem menuju bendungan Kamijoro.
Lokasi
Berlokasi di zona perbatasan Bantul dan Kuloprogo dengan membelah sungai Progo dari timur sampai ke barat. Sekiranya diamati dari zona perbatasan ini, karenanya bendungan Kamijoro dapat dijangkau dari dua domisili. Yang pertama dari Bantul, bendungan ini berada di di Plambongan. Padahal yang berlokasi di Kulon Progo dapat dijangkau dari dusun Kaliwiru. Masuk untuk menuju lokasi bendungan kamijoro agak kecil, apalagi jalannya telah di cor block. Cuma dapat untuk masuk satu per satu kendaraan beroda empat dan tak dapat bersamaan atau berdampingan. Pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di Dusun Plambongan bagi yang berjalan dari Bantul, walaupun bagi yang datang dari Kulonprogo karenanya kendaraannya dapat diparkirkan di Dusun Kaliwiru. Dikarenakan lokasi taman berada di Kulon Progo karenanya pengunjung yang memarkirkan kendaraan di Dusun Plambong wajib via jembatan penyeberangan dengan berjalan kaki.
Rute Menuju Bendungan Kamijoro
Bagi yang berkeinginan berlibur ke bendungan Kamijoro, karenanya arahkanlah kendaraan ke jalan Wates. Dari Jl. Malioboro menuju wilayah nol kilometer. Dikala menemukan perempatan, pilih belok kanan menuju Jl. Kyai Ahmad Dahlan dan terus lurus berjalan. Berikutnya saat menemukan perempatan ngabean juga berjalan lurus sampai berjumpa dengan perempatan patang puluhan, lurus ke Jl.wates dan masih wajib berjalan lurus sampai perempatan ring road. Barulah belok kiri menuju pertigaan lampu merah Gamping dan kembali berjalan lurus di Jl. Wates sampai sekitaran 8 km jauhnya. Nantinya akan via Kampus Mercubuana di sebelah kanan dan kecamatan Sedayu sebelum menjumpai perempatan Sedayu. Sesudah menemui perempatan ini, belok ke kiri ke Jl. Argorejo sampai sejauh kurang lebih 9 km. berikutnya akan ditemui papan penunjuk arah Bendungan Kamijoro.
Harga karcis masuk dan fasilitas yang disediakan
Sesudah membahas rute ke bendungan Kamijoro, saatnya mengenal harga karcis dan fasilitas apa saja yang disediakan di taman bermain hal yang demikian. Fasilitas yang disediakan di zona bendungan Kamijoro ialah:

  • Taman bermain si kecil-si kecil
  • Kios yang memasarkan makanan kecil
  • Jembatan penyeberangan
    Rupanya untuk masuk ke taman bermain bendungan kamijoro tak diwajibkan membeli karcis atau membayar uang masuk alias tidak dipungut bayaran. Melainkan bagi yang membawa kendaraan bermotor dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2000.
    Perlu dikenal juga bahwa di taman bermain ini belum ada kamar kecil dan mushalla. Bagi yang berharap ke kamar kecil boleh meminta izin di rumah penduduk sekitar zona parkiran. Sekiranya hujan tiba karenanya akan ada sampah-sampah mengambang di aliran sungai serta warna airnya malahan berubah menjadi cokelat susu. Demikianlah penjelasan mengenai rute menuju bendungan Kamijoro, harga karcis dan fasilitas yang tersedia. Selamat berkunjung.

Sumber: hariliburnasional.com