Hari Libur Oktober 2019

0
178
views
sumber: google.co.id

Hari libur Oktober 2019 cukup ditunggu-tunggu seperti hari libur di bulan lainnya. Banyak yang bilang bulan kesepuluh ini yaitu waktu yang tepat untuk menjalankan wisata entah dalam negeri maupun luar negeri. Cuaca dan musim kebanyakan negara di bulan Oktober sedang sungguh-sungguh berteman. Untuk itu, tidak heran seandainya sejak kini sudah banyak yang berkeinginan tahu ada peringatan atau hari libur apa saja di bulan Oktober tahun depan.
Daftar Peringatan dan Hari Libur Oktober 2019
Berikut ini terdapat daftar peringatan nasional yang terdapat di bulan Oktober sebagai rujukan seandainya hendak menjalankan wisata atau ambil cuti tahunan.

  • Hari Kesaktian Pancasila
    Hari pertama di bulan Oktober tepatnya di tanggal 1 Oktober yaitu peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Semua masyarakat Indonesia pastilah tahu tentang sejarah pengorbanan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang pernah hendak dirusak oleh kawanan PKI dengan mengadakan pembantaian yang diketahui dengan Gerakan 30 S PKI. Sedangkan demikian itu, Pancasila tetap cakap dipertahankan sebagai ideologi bangsa. Karena itulah tiap-tiap tanggal 1 Oktober yang memang bukan hari libur nasional yaitu peringatan Kesaktian Pancasila.
  • Hari Batik Nasional
    Batik yaitu salah satu adat istiadat milik Indonesia yang sudah diakui secara sah oleh UNESCO. Pengesahan batik sebagai warisan adat istiadat milik Indonesia ini terjadi pada tanggal 2 Oktober 2009. Sejak itulah tiap-tiap tanggal 2 Oktober senantiasa diperingati hari batik Nasional untuk meningkatkan atensi generasi penerus untuk melestarikan batik.
  • Hari Binatang Sedunia
    Dalam kehidupan ini terdapat tiga macam makhluk hidup yaitu manusia, hewan dan tumbuhan. Rupanya tiap-tiap tanggal 4 Oktober senantiasa diperingati sebagai hari Binatang Sedunia. Peringatan hari hewan ini sesungguhnya yaitu salah satu cara yang dikerjakan untuk mengajak masyarakat lebih peduli lagi terhadap hewan khususnya bagi kelestarian hewan yang sudah mulai langka.
  • Hari TNI
    Sehari kemudian yaitu pada tanggal 5 Oktober yaitu peringatan hari Tentara Nasional Indonesia atau TNI. Sedangkan bukan menjadi hari libur 2019, tapi semarak peringatan hari TNI senantiasa bisa dirasakan tiap-tiap tahunnya. Penetapan tanggal 5 sebagai hari TNI yaitu sebab TNI pertama kali didirikan pada tanggal 5 Oktober 1945 dengan nama Tentara Keamanan Rakyat atau TKR.
  • Hari PBB
    Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB yaitu suatu organisasi dunia yang menjadi wadah aspirasi berbagai negara. PBB juga memiliki berbagai aspek yang dinaungi untuk kesejahteraan dan keamanan negara-negara yang bergabung di dalamnya. Hari PBB diperingati tiap-tiap tanggal 24 Oktober tiap-tiap tahunnya. Sedangkan memegang peranan penting, tapi hari PBB bukan termasuk dalam daftar libur panjang 2019.
  • Hari Sumpah Pemuda
    Berikutnya terdapat peringatan Sumpah Pemuda yang dikerjakan tiap-tiap tanggal 28 Oktober di tiap-tiap tahunnya. Walau tidak termasuk dalam libur kalender 2019 tapi semarak dan semangat sumpah pemuda senantiasa terasa di tiap-tiap peringatannya.
    Demikianlah informasi mengenai daftar peringatan dan hari libur Oktober 2019 yang bisa dijadikan rujukan untuk merencanakan aktivitas tertentu maupun wisata bersama teman maupun keluarga. Aktivitas atau wisata yang direncanakan jauh-jauh hari tentunya akan berjalan dengan lebih bagus.

Sumber: hariliburnasional.com