Hari Libur November 2020

0
155
views
sumber: google.co.id

Dalam satu tahun ada 12 bulan yang setiap bulannya terdiri dari beberapa hari. Menariknya setiap bulan mempunyai beberapa hari istimewa tak terkecuali di November 2020. Hari libur November 2020 mungkin tak secara seketika menjadi tanggal merah nasional karena tak ada tanggal penting yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai tanggal merah. Sedangkan ada banyak momen penting yang terjadi di November.
Daftar hari libur November 2020
• 10 November (Hari Pahlawan)
Salah satu momen penting yang dimaksud ialah Hari Pahlawan. Ada cerita menarik dan bersejarah di balik penetapan 10 November sebagai Hari Pahlawan. Di tanggal yang sama tahun 1945, milisi Indonesia bertempur bersama tentara Belanda di Surabaya. Pertempuran ini menyebabkan banyak korban jiwa.
• 11 November (Hari Bangunan Indonesia)
Tiap tahun di tanggal yang sama 11 November pemerintah berinisiatif untuk merayakan Hari Bangunan Indonesia. Bukan hari libur nasional ini dilakukan untuk mendorong percepatan pembangunan di tanah air secara efisien, berkwalitas dan juga ramah lingkungan. Umumnya para tokoh konstruksi akan berkumpul untuk menyumbang inspirasi dan kontribusinya terhadap pembangunan negara.
• 12 November (Hari Ayah Nasional)
Kecuali hari ibu atau hari buah hati, ada juga Hari Ayah Nasional yang diselenggarakan di lebih dari 75 negara di dunia pada 12 November. Hari ini diperingati sebagai bentuk penghormatan pada ayah. Para buah hati akan memberikan hadiah pada ayah mereka, menariknya di Timur Tengah atau beberapa negara di Benua Eropa, International Men’s Day diselenggarakan setiap tahun pada 19 November.
• 12 November (Hari Kesehatan Nasional)
Selanjutnya seputar hari libur 2020 yang tak ada di kalender ialah Hari Kesehatan Nasional. Hari ini menjadi momentum yang sungguh-sungguh penting terlebih bagi insan kedokteran, perawat dan faktor kesehatan lainnya. Pada biasanya, Hari Kesehatan Nasional akan mengangkat tema seputar berita kesehatan terlebih yang terjadi di dalam negeri.
• 25 November (Hari Guru)
Penghormatan pada guru biasanya diperingati setiap 25 November yang dikenal luas sebagai Hari Guru. Guru ialah tokoh penting atau pahlawan tanpa tanda jasa yang perlu dihormati dan dihargai kehadiran dan peranannya. Dengan peringatan ini diharapkan semua murid bisa menghormati semua guru mereka dengan bagus.
• 28 November (Hari Menanam Pohon Indonesia)
Kecuali hari kesehatan atau hari guru, di November juga ada yang disebut sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia yang dilakukan setiap 28 November. Peringatan ini diharapkan bisa memupuk kepedulian masyarakat akan pentingnya menanam pohon dan memeliharanya. Tak heran jikalau di bukan hari libur panjang 2020 ini pemerintah meminta masyarakat tanpa terkecuali untuk menanam paling tak satu pohon.
• 28 November (Hari Dongeng Nasional)
Sebelum terikat dengan gadget, buah hati-buah hati lebih suka mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orang tuanya. Di Indonesia, ada satu hari yang dikenal sebagai Hari Dongeng Nasional yang konon bertepatan dengan hari lahirnya Pak Raden selaku tokoh penting dalam dunia dongeng. Sedangkan mempunyai makna penting, sayangnya 28 November tak termasuk hari libur kalender 2020.
Dengan memaknai semua hari libur November 2020 setidaknya kita bisa menjadi individu yang lebih peduli dan tahu. Mengetahui dengan bagus momen-momen atau berita penting yang terjadi bagus di dunia maupun di dalam negeri.

Sumber: hariliburnasional.com