Hari Libur Januari 2020

0
145
views
sumber: google.co.id

Pergantian tahun sudah di depan mata cukup menghitung hari. Sebelum menginjak bulan baru di tahun depan, mengapa Anda tidak mencari tahu apa saja hari libur Januari 2020. Berbeda dari tahun 2019, hari libur yang ditentukan Januari 2020 bertambah satu hari. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan tambahan satu hari libur untuk beristirahat di rumah atau membentuk ulang jadwal wisata di awal tahun.
Daftar hari libur Januari 2020
Mustahil rasanya via Januari tanpa hari libur, peringatan tahun baru menjadi hari libur massal yang bukan hanya diperingati di Indonesia tapi juga di segala dunia. Berikut ini daftar hari libur yang hadir di Januari 2020:
• 1 Januari (Tahun Baru Masehi)
Pergantian tahun selalu dilewati dengan semarak kemeriahan. Kita dapat menemukan acara pesta penyambutan pergantian tahun yang diselenggarakan di mana-mana, entah di kota atau di pedesaan. Suara trompet dan kembang api membikin perayaannya kian meriah, banyak yang mengadakan pesta dan banyak yang bersuka cita. Tidak heran bila 1 Januari menjadi langganan hari libur nasional.
• 5 Januari (Hari Korps Wanita AL)
Korps Wanita Angkatan Laut atau lebih gampang disebut sebagai KOWAL merupakan prajurit wanita yang melibatkan diri untuk melindungi negara. Tanggal 5 Januari diciptakan sebagai Hari KOWAL sebab di tanggal yang sama tahun 1963 lalu, pelantikan KOWAL dikerjakan untuk yang pertama kalinya.
• 10 Januari (Hari Tritura)
Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat) merupakan momen penting dan bersejarah yang diserukan mahasiswa KAMI pada pemerintah. Tiga tuntutan tersebut di antara perombakan Dwikora, pembubaran PKI dan turunkan harga pangan. Untuk mengenang jasa para mahasiswa, tiap-tiap 10 Januari libur panjang 2020 merayakan Hari Tritura.
• 25 Januari (Hari Gizi Nasional)
Pentingnya memandang nutrisi sudah lama disajikan Prof. Poorwo Soedarmo selaku Bapak Gizi Indonesia. Pertama kalinya Hari Gizi Nasional diselenggarakan tahun 1960-an hingga dilanjutkan hingga kini. Tujuannya untuk memperingati awal mula berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan sebagai pengaderan Energi Gizi Indonesia.
• 25 Januari (Hari Kusta Nasional)
Seandainya tiap-tiap hari pekan terakhir di bulan pertama tiap-tiap tahunnya dunia merayakan World Leprosy Day. Karenanya peringatan Hari Kusta Nasional dikerjakan ideal pada 25 Januari. Peringatan ini merupakan momentum penting untuk memberikan kepedulian kita terhadap eks penderita penyakit kusta. Bukan dikenal sebagai hari libur 2020 awam.
• 25 Januari (Tahun Baru Imlek)
Seandainya 1 Januari menjadi hari yang amat penting bagi segala orang, karenanya 25 Januari 2020 merupakan tanggal spesial bagi etnis Tionghoa. Di tanggal tersebut, orang Tionghoa merayakan tahun baru imlek sebagai komponen dari libur kalender 2020.
Sebelum ditentukan sebagai hari libur, tahun baru imlek dulu tepatnya tahun 1968-1999 dilarang untuk diperingati secara khusus di muka awam. Presiden Soeharto melarang segala perayaan dan peringatan istimewa yang berhubungan dengan etnis Tionghoa termasuk tahun baru imlek.
Itulah daftar hari libur Januari 2020. Anda yang berharap merayakan tahun baru imlek semestinya bersukacita sebab perayaan tersebut dirayakan di hari Sabtu jadi dapat memanfaatkan Sabtu dan pekan untuk bersilaturahmi dengan para kerabat.

Sumber: hariliburnasional.com