8 Wisata Religi Jawa Tengah Untuk Berbagai Umat Beragama

0
144
views
sumber: google.co.id

Tamasya religi Jawa Tengah jumlahnya sungguh-sungguh sampai tak cukup sehari untuk mengunjungi segala tempatnya. Sebab Kecuali Semarang, masih ada Magelang, Jepara, Kudus dan kota menarik lainnya. Merasakan waktu santai dengan mempelajari sejarah spiritual dan arsitektur dari tiap-tiap bangunan ialah tujuan pelancong datang mengunjungi tamasya religi. Dan sebagai salah satu Provinsi dengan sejarah yang panjang, Jawa Tengah menawarkan pengalaman hal yang demikian.
Daftar obyek tamasya religi Jawa Tengah
Mungkin butuh waktu berhari-hari untuk bisa mengunjungi segala obyek tamasya religi terpopuler di Jawa Tengah. Dan untuk mengawali perjalanan, simak anjuran daerah terbaik berikut ini:

  1. Makam Sunan Kalijaga
    Sunan Kalijaga merupakan seorang wali. Di Kepulauan Jawa, Sunan Kalijaga diketahui bijaksana dan arif. Sebagai tokoh penyebaran ajaran Islam, Sunan Kalijaga menyebarkan ajarannya via pengenalan seni dan kebiasaan.
  2. Makam Sunan Muria
    Kecuali Sunan Kalijaga, wali lain yang dapat kita dapatkan makamnya di Jawa Tengah merupakan Sunan Muria. Makam dari wali ini berlokasi persis di Jepara. Uniknya, tak segala orang cakap mengunjungi daerah ini. Mengingat medannya yang berat, pengunjung Makam Sunan Muria diwajibkan untuk menjalani percobaan kesehatan sebelum mendaki Puncak Gunung Muria.
  3. Makam Sunan Kudus
    Salah satu makam Wali Songo di Jawa Tengah yang masih tak jarang dikunjungi oleh para peziarah. Komplek pemakaman Sunan Kudus masih satu wilayah dengan mesjid, jadi sesudah atau sebelum mengunjungi makam banyak peziarah yang mampir untuk beribadah di mesjid.
  4. Mesjid Agung Demak
    Tak cuma dimanfaatkan sebagai daerah ibadah, Mesjid Agung Demak juga dimanfaatkan sebagai museum. Ada banyak barang peninggalan sejarah yang disimpan dan dipamerkan di mesjid ini.
  5. Klenteng Tay Kak Sie
    Yakni salah satu klenteng tua yang berdiri semenjak 1746. Klenteng ini sama populernya dengan Klenteng Sam Poo Kong padahal dari segi ukuran dan luas lahan jauh lebih kecil. Bangunan dengan ciri khas China membikin klenteng ini tak pernah sepi dari pengunjung.
  6. Vihara Buddhagaya Watugong
    Pelancong yang mau mendalami ajaran agama Buddha dapat mengunjungi salah satu daerah istimewa dengan konsep religi berikut ini. Vihara Buddhagaya Watugong dibenahi dengan sungguh-sungguh apik sehingga senantiasa enak dikala diamati.
  7. Gereja Blenduk
    Sebelum mengunjungi daerah ziarah Katolik di Jawa Tengah, para pelancong umumnya akan mengunjungi gereja Protestan ini terpenting dulu. Gereja ini dibangun dengan gaya arsitektur khas Belanda, di mana terdapat banyak pilar tinggi yang melingkupinya.
  8. Klenteng Sam Po Kong
    Daerah tamasya religi terakhir yang dianjurkan merupakan Klenteng Sam Poo Kong. Kecuali menawarkan pengalaman sejarah khas Tiong Hoa. Dari klenteng ini kita dapat merasakan gaya arsitektur malahan berfoto dengan baju prajurit Cina.
    Dengan mengunjungi segala obyek tamasya religi Jawa Tengah secara otomatis pengetahuan kita seputar perbedaan agama di Indonesia kian kaya. Jangan pernah bosan untuk mempelajari hal-hal yang baru.

Sumber: hariliburnasional.com