Manfaat dan Jenis Kerah Untuk Seragam

0
34
views
sumber: google.co.id

Macam kerah untuk seragam biasanya menggunakan figur yang berbeda. Hal ini untuk menyesuaikan dengan tipe atau figur seragam yang diaplikasikan. Kerah sendiri yakni bagian dari figur pakaian seperti kemeja yang dijahit pada bagian lehernya.
2 Manfaat kerah untuk seragam
Bentuk kerah dan modelnya banyak sekali dimana juga memiliki fungsi yang berbeda pula. Kalau diamati dari tujuan digunakannya, kerah pakaian memiliki dua manfaat yakni:

  1. Dalam hal dekoratif, kerah berguna untuk memperindah figur pakaian yang diaplikasikan. Kerah pakaian bisa membuat seragam yang diaplikasikan lebih menonjol menarik. Kecuali itu dengan adanya kerah juga bisa mengurangi pemakaian aksesoris leher seumpama kalung.
  2. Padahal dalam hal fungsional kerah bisa berfungsi untuk menutupi bagian leher atau bahu. Kecuali itu juga berguna untuk melindungi area leher dari panas cahaya matahari dan udara yang dingin. Pakaian yang menggunakan kerah biasanya juga akan menonjol lebih formal. Itulah mengapa kebanyakan atau hampir seluruh kemeja atau seragam menggunakan kerah untuk memberikan kesan yang lebih formal.
    Macam-tipe tipe kerah untuk seragam
    Bermacam-macam tipe tipe kerah banyak sekali, tetapi terdapat 3 tipe figur kerah dasar yang biasanya menjadi acuan untuk para penjahit, yakni kerah rebah, kerah tegak dan kerah separuh tegak. Di tiap-tiap tipe kerah ini biasanya dibagi kembali berdasarkan figur atau desainnya.
    Terdapat tipe-tipe kerah yang awam diaplikasikan untuk seragam kantor maupun seragam profesi lainnya, seperti:
  3. Kerah pita
    Macam kerah yang satu ini memberikan dialek berupa pita pada bagian leher blouse. Biasanya terbuat dari kain panjang yang juga serasi dengan warna kain blouse dan dijahit di bagian lehernya. Kerah tipe ini akan memberikan kesan yang menawan tetapi juga konsisten bisa menonjol formal. Biasanya kerah seperti ini ditemukan pada pakaian seragam pramugari atau seragam kantor wanita yang bekerja di bagian resepsionis.
  4. Kerah kemeja
    Macam kerah seragam kemeja biasanya termasuk dalam tipe kerah separuh berdiri. Kerah ini terdiri dari 2 bagian yang selanjutnya digabungkan menjadi satu. Komponen pertama yakni kaki kerah walaupun bagian kedua yakni kelepak kerah. Kerah tipe inilah yang awam diaplikasikan untuk kemeja seragam kantor atau seragam sekolah sebab memberikan kesan yang formal.
  5. Kerah tailor
    Kerah tailor yakni tipe kerah yang modelnya memanjang ke bawah dengan format menyilang. Sehingga siluet yang dibuat dari kerah ini berbentuk V. Macam kerah seragam jas biasanya menggunakan kerah tailor ini.
  6. Kerah Shanghai
    Macam kerah untuk seragam selanjutnya yakni kerah Shanghai. Kerah ini memiliki format yang tegak dan tepat di bagian leher. Biasanya ukuran lebarnya sekitar 2 hingga 4 cm. Kerah ini memiliki ciri khas yang tak bisa diwariskan atau dilipat ke bawah dan berbentuk bulat. Biasanya kerah seperti ini diaplikasikan untuk seragam perhotelan.

Sumber: henryadams.co.id