Wisata Candi Muaro Jambi Bersejarah Dengan Arsitektur Indah

0
51
views
sumber: google.co.id

Belajar sejarah saat di Jambi, kenapa tidak? contohnya, mengunjungi kompleks liburan Candi Muaro Jambi. Kompleks candi ini betul-betul populer di kalangan warga Jambi terpenting mereka yang mempunyai minat di bidang sejarah dan arsitektur.
Sekilas liburan Candi Muaro Jambi
Berdasarkan penelitian yang dikerjakan sejumlah arkeolog termasuk perwakilan kekuatan pakar dari UNESCO didapatkan berita menarik perihal Candi Muaro Jambi. Candi ini sudah berdiri sejak lama tepatnya abad ke-7 sampai ke-14.
Sebelum menjadi kompleks candi seperti sekarang. Dahulu Candi Muaro Jambi dimanfaatkan sebagai daerah pendidikan ajaran Buddha. Dampak Kerajaan Melayu Kuno dan Kerajaan Sriwijaya memang betul-betul kental pada Candi Muaro Jambi.
Kegiatan menarik di Candi Muaro Jambi

  1. Mengagumi Arsitektur Candi
    Salah satu alasan seseorang mengunjungi kompleks candi tidak lain untuk melihat secara segera bangunannya. Bagaimana bentuk arsitekturnya? Bagaimana reliefnya atau arcanya?
    Di situs ini terdapat 9 candi yang sukses dipugar. Keseluruhan candinya adalah candi bercorak Buddha. Anda dapat melihat Candi Kembar Batu, Candi Kotomahligai, Candi Gumpung, Candi Kedaton, Candi Tinggi dan lainnya.
  2. Hunting Foto
    Kecuali mengagumi keindahan dan keunikan arsitektur kompleks Candi Muaro. Jangan lupa untuk sempatkan diri hunting foto. Ada banyak spot foto baik dan unik yang dapat Anda dapatkan. Termasuk absensi beraneka jenis arca seperti arca Prajnparamitha yang eksis pada zaman Singosari.
    Entah saat berjalan melintasi Candi Tinggi atau Candi Kedaton. Semua candi mempunyai ciri khas tersendiri dan menaruh keindahan yang unik. Kecuali foto candinya, Anda juga dapat mengambil selfie dengan latar belakang candi.
  3. Belajar Sejarah Candi Muaro Jambi
    Dari sekian banyak candi yang terdapat di liburan Kebiasaan Candi Muaro, adalah Candi Tinggi yang pertama kali dapat Anda telusuri sejarahnya. Setelah puas melihat Candi Tinggi, lanjutkan perjalanan ke Candi Gumpung.
    Candi tersebut dikena karena kemegahannya. Candi Gumpung termasuk kompleks candi terbesar di bawah Candi Kedaton. Pastikan melihat telaga air saat Anda mengitari Candi Gumpung.
    Fasilitas
    Melihat luasnya area liburan Candi Muaro memutuskan pengelola untuk menghadirkan fasilitas sewa sepeda. Dengan menerapkan sepeda, para pengunjung tidak akan mengeluh kelelahan atau dehidrasi.
    Sewa sepeda di daerah ini cukup terjangkau. Dengan membayar Rp 10 ribu, Anda sudah dapat menyewa sepeda per jam atau Rp 20 ribu untuk jenis sepeda tandem per jamnya. Supaya suasananya mendukung, kunjungi Candi Muaro Jambi di pagi atau sore hari.
    Lokasi liburan
    Candi Muaro Jambi berada persis di Desa Nuaro Jambi, Kab. Muaro Jambi dengan luas wilayah 260 ha. Memrentang betul-betul luas dengan absensi puluhan candi di atasnya. Konon informasinya, Candi Muaro adalah kompleks candi terakbar di Pulau Sumatera.
    Hingga sekarang, kompleks liburan Candi Muaro Jambi masih menjadi destinasi liburan utama para pelancong. Mereka sengaja datang untuk melihat dari dekat bangunan candi dan memahami dengan baik perjalanan sejarahnya.

Sumber: hariliburnasional.com