Tips Menanak Nasi dengan Air Hangat dari Pemanas Air Tenaga Surya

0
10
views
sumber: google.co.id

Pemanas air energi surya saat ini menjadi salah satu ragam pemanas yang banyak dicari oleh masyarakat. Varian pemanas ini mengaplikasikan sinar matahari sebagai sumber energi utama untuk bekerja. Berbeda dengan pemanas air energi listrik yang membutuhkan biaya langganan listrik bulanan yang tidak sedikit. Sinar matahari juga yakni sumber energi alam yang dapat diperbarui sehingga penerapannya tidak menyebabkan pemanasan global layaknya listrik.
Kiat menanak nasi hemat listrik dengan pemanas ai energi surya
Pada saat tagihan pembayaran listrik datang, banyak yang mengeluh atas terjadinya kenaikan tagihan secara signifikan. Selain dapat membikin pengeluaran kian membengkak, terbukti penggunaan listrik secara berlebih dapat meningkatkan krisis energi yang berdampak pada pemanasan global. Saat ini energi listrik telah menjadi salah satu kebutuhan primer masyarakat dalam menjalani kehidupan. Ada banyak sekali kegiatan yang mengaplikasikan listrik mulai dari memasak, menyetrika, mengisi energi hingga menanak nasi dan masih banyak lagi.
Penghematan listrik dapat dikerjakan dengan beragam cara salah satunya yakni dengan mengaplikasikan solar water heater di rumah. Adanya pemanas air bertenaga surya dapat menekan jumlah konsumsi listrik setidaknya dalam sebagian hal. Pertama, Anda dan keluarga dapat menghemat pengeluaran dan penggunaan listrik untuk mendapat air hangat. Air hangat dengan temperatur yang dapat dikontrol dengan mudah dapat mengalir untuk beragam kebutuhan sepanjang hari.
Profit yang berikutnya yakni dapat menghemat penggunaan listrik dalam menanak nasi. Kini menanak nasi dikerjakan dengan rice cooker yang membutuhkan energi listrik. Kenaikan tagihan listrik sering kali dikarenakan oleh salah satu alat elektronik tersebut. Rice cooker akan menaikkan temperatur beras yang dimasak dengan air hingga menempuh temperatur tertentu barulah nasi akan matang. Sekiranya diawali dengan air yang telah bersuhu tinggi seperti yang diciptakan pemanas air energi matahari, maka kebutuhan listrik dapat terpangkas tepat sasaran.
Perlu diketahui bahwa sebuah rice cooker memiliki energi listrik yang cukup tinggi yakni kisaran 200 hingga 400 watt. Tenaga sebesar itu dapat ditekan dengan mempersingkat waktu penanakan nasi mengaplikasikan rice cooker. Penyingkatan waktu dapat dikerjakan dengan mengganti air lazim dengan air hangat untuk menanak beras. Waktu penanakan nasinya juga akan cenderung lebih singkat.
Caranya sungguh-sungguh mudah yakni tinggal cuci bersih beras dengan takaran secukupnya. Setelah itu, tuangkan air panas yang diciptakan pemanas air energi solar layak takaran. Lalu masukkan ke dalam rice cooker dan hubungkan pada listrik. Setelah sebagian waktu, nasi malahan akan matang. Tentu saja waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat sebab air akan telah bersuhu tinggi.
Ternyata pemanas air energi surya tidak cuma menghasilkan air hangat yang dapat diterapkan untuk mandi ataupun mencuci tapi juga dapat dimanfaatkan untuk menanak nasi mengaplikasikan rice cooker. Sebab keadaan airnya telah hangat, maka energi listrik yang dibutuhkan juga dapat berkurang secara signifikan.

Sumber: intisolar.com