Sebelum Menggunakannya Yuk Ketahui Sejarah Pemanas Air Tenaga Surya

0
53
views
sumber: google.co.id

Pemanas air energi surya sebenarnya sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu. Bahkan di Amerika Serikat pada tahun 1900 sudah menggunakan alat untuk memanaskan air ini dengan tangki berwarna hitam. Kerja pemasangan tangki dilakukan di atap rumah, jadi bukan di bawah.
Sebelum Menggunakannya Yuk Kenal Sejarah Pemanas Air Kekuatan Surya
Mengenal sejarah penting sekali untuk menambah pengetahuan. Kecuali itu, juga berguna untuk mengetahui alangkah baiknya menggunakan energi matahari sehingga dimanfaatkan lagi kini ini.

  1. Amerika Serikat
    Sebelumnya, Clarence Kemp yang berasal dari Baltimore di Amerika Serikat pada tahun 1986 memanfaatkan kotak kayu untuk menutup tangki air. Berikutnya muncullah pemanas air batch untuk pertama kalinya. Berbeda dengan California Selatan serta Florida dimana kolektor solar water heater sudah dimanfaatkan di tahun 1920. Berikutnya tahun 1960 baru populer di wilayah Amerika Utara sesudah peristiwa krisis minyak.
  2. Mediterania
    Paling banyak negara di Mediterania yang menggunakan pemanas air bertenaga matahari adalah Siprus serta Israel. Bahkan dari jumlah yang rumah yang ada, sekitar 30 atau 40 persen dikala itu sudah memiliki pemanas air ini. Kemudian terus disempurnakan cara pelat datar hingga terus bertambah banyak dikenal di Israel. Sedangkan demikian, sempat terjadi krisis kekurangan bahan bakar di Israel tahun 1950. Semenjak hari itu mulai jam 10.00 hingga 06.00 masyarakatnya dilarang memanaskan air.
    Berikutnya Protoptipe pemanas air energi matahari yang pertama dihasilkan oleh Levi Yissar dari Israel. Tahun 1953 barulah dia berhasil meluncurkan perusahaan yang memproduksi pemanas air ini secara komersial untuk pertama kalinya di Israel. Sehingga tahun 1980, pemanfaatan alat bertenaga solar di dunia dipimpin oleh Israel. Bahkan hal ini pun disahkan dalam undang-undang oleh Knesset Israel. Isinya mengharuskan pemasangan water heater solar pada segala rumah baru yang memiliki zona atap cukup luas.
  3. Asia Pasifik
    Penerapan pemanas air energi matahari contoh ini pun terus berkembang yang juga dipasarkan oleh Jepang serta Australia. Semenjak tahun 1960 di Asia yang negaranya memiliki pasokan cahaya matahari tinggi untuk menggunakan pemanas air solar.
    Sedangkan di Kolombia terdapat Las Gaviotas yang adalah industri untuk mengoptimalkan pemanas air ini. Bahkan Regu Gaviotas berhasil merancang cara yang berhasil di terima di masyarakat di tahun 1984 dengan jaminan garansi dikasih selama 25 tahun. Sekitar 40 ribu cara pemanas air solar yang berhasil dipasang di berbagai rumah dan masih dapat dimanfaatkan hingga seperempat abad kemudian.
    Berikutnya, alat ini terus mengalami perkembangan hingga ke negara China. Ketika itu, pemanas air surya yang dasar dapat dibawa pulang dengan harga 1500 yuan atau sekitar 235 US Dollar. Apabila diperbandingkan negara barat, harga ini jauh lebih murah. Setidaknya di China dikala itu sudah terpasang 1 unit pemanas air solar pada sekitar 30 juta rumah.
    Nah, menarik sekali sejarahnya dimana hal ini juga berkat kreatif maupun penemuan kreatif pemikiran manusia. Pemanas air energi matahari rupanya alangkah unggulnya hingga dapat terus disempurnakan untuk dapat digunakan kini. Oleh sebab itu, jikalau perlu air panas lantas pasang pemanas air energi surya.

Sumber: intisolar.com