Pilih Kapasitas Pemanas Air Tenaga Surya Yang Mana Ya?

0
200
views
sumber: google.co.id

Pilih kapasitas pemanas air tenaga surya yang mana ialah pertanyaan banyak pihak khususnya yang sedang berencana memasang pemanas air solar. Tarif pemasangan pemanas air jenis ini memang lebih tinggi dibanding pemanas air tenaga listrik atau gas. Karena alasan inilah banyak masyarakat yang melaksanakan penyesuaian aplikasi unit pemanas air tenaga matahari dengan budget yang dimiliki. Tetapi terbukti tak hanya budget saja yang perlu dilihat atau dihasilkan bahan pertimbangan. Kapasitas pemanas air juga perlu diperhitungkan.
Pilih Kapasitas Pemanas Air Tenaga Tetapi Yang Mana Ya?
Banyak masyarakat yang menginginkan produk dengan harga yang murah. Tetapi semua ada peraturan timbal baliknya. Artinya, produk murah tidaklah menjamin mendapatkan hasil kinerja yang baik. Pilihlah produk pemanas air tenaga surya sebagai unit pemanas air opsi, meskipun investasi permulaan pemasangan cukup tinggi, tapi performanya jauh lebih efektif dibanding pemanas air jenis lainnya.
Dalam pemilihan unit pemanas air solar, tak bisa dikerjakan hanya dengan ilmu kaprah-kaprah. Seperti saat membangun rumah, saat memakai pemanas air tenaga matahari juga sepatutnya dikerjakan perhitungan dan pertimbangan yang ideal. Langkah ini akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap kinerja unit pemanas air. Apabila hanya bisa memenuhi kebutuhan suplai air panas atau hangat, aplikasi unit pemanas air tenaga matahari juga bisa meningkatkan penghematan tenaga.
Seperti yang telah dikenal, unit pemanas air tenaga matahari memakai sinar matahari saja sebagai sumber tenaga utamanya. Dimana sinar matahari ialah sumber tenaga alam bisa diperbaharui sehingga tak menjadi keadaan sulit bila terus menerus diaplikasikan. Berbeda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang sumber tenaga utamanya ialah sumber tenaga alam tak terbarui. Terlebih diaplikasikan secara terus menerus, konsekuensi yang sepatutnya diambil ialah terganggunya keseimbangan alam.
Supaya pemanas air tenaga listrik dan gas mewujudkan asap, gas karbondioksida dan polutan bercaun lainnya yang bila diperbolehkan terus menerus akan mengganggu kesehatan manusia, lingkungan dan makhluk hidup lainnya.
Padahal pengaplikasian solar water heater kian efektif, maka perhitungan kapasitas pemanas ini sepatutnya dibutuhkan. Langkah pertama ialah hitunglah jumlah orang yang hendak menjadi pengguna air panas tersebut. Perhitungan kasarnya, komponen panel kolektor tabung atau tube berkapasitas 10 liter mampu mengkover kebutuhan satu orang pengguna. Jadi bila ada 10 pengguna, maka kapasitas panel tube yang dibutuhkan ialah yang berkapasitas 100 liter untuk 2 kali mandi/pengaplikasian. Semakin untuk panel flat dibutuhkan yang berkapasitas 150 sampai 200 liter untuk memenuhi kebutuhan 10 pengguna.
Dari penjelasan di atas, bisa ditarik simpulan bahwa jawaban atas pertanyaan pilih kapasitas pemanas air tenaga surya yang mana bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. banyak pengguna atau spot keran air panas, maka kian besar pula kapasitas pemanas air yang dibutuhkan agar semua kebutuhan terpenuhi.

 

Sumber: intisolar.com