Penyebab AC Cassette Inverter Mengeluarkan Suara Keras

0
92
views
sumber: google.co.id

AC Cassette Inverter adalah kriteria AC masa depan yang banyak dicari konsumen. Di tengah cuaca panas Indonesia, rasanya kita tidak dapat hidup hening dan nyaman tanpa AC. Berkeinginan di kamar atau di ruang keluarga, instalasi AC menjadi suatu keharusan.
Secara teknis, AC berfungsi untuk mengeluarkan udara sejuk dan segar. Tapi ada pula, AC yang turut mengeluarkan bunyi berisik dikala dinyalakan. Di siang hari, situasi ini mungkin tidak mengganggu. Tapi seandainya sudah di malam hari, di waktu rehat AC yang berisik membuat kita merasa tidak nyaman.
Inilah penyebab AC cassette inverter mengeluarkan bunyi keras
Sulit AC itu sangat pelbagai, melainkan permasalahan paling pokok yang acap kali terjadi adalah bunyi berisik. Kecuali mengganggu orang yang ada di dalam ruangan, bunyi keras AC turut mengganggu tetangga. Segera, apa saja penyebab AC rumah terus mengeluarkan bunyi keras? Berikut penjelasannya:

  1. Sabuk AC tidak terpasang dengan kuat
    AC adalah barang elektronik yang sistem kerjanya dihimpun menurut tiap komponen. Jadi bunyi berisik AC tidak akan pernah menghilang, seandainya kita tidak memeriksa semua komponennya dengan baik. Karena salah satu penyebab bunyi keras AC adalah sabuk AC yang dipasang kurang kuat. Sebelum mengirimkan AC ke kontraktor AC lihat dulu situasi sabuknya, lantas perbaiki seandainya memang longgar.
  2. Baut yang terlalu longgar
    Alasan lain AC terlalu berisik adalah baut yang tidak dipasang dengan benar. Penyalahgunaan instalasi dapat terjadi pada mereka yang amatir. Kalau merasa tidak mampu memasang AC sendiri, jauh lebih baik menghubungi distributor AC.
    Pihak mereka akan membantu mengirimkan teknisi untuk perakitan AC. Termasuk memasang baut dengan kuat di zona yang semestinya. Baut yang gampang lepas adalah cerminan instalasi yang kurang profesional. Sebelum benar-benar memperkenankan teknisi pergi, periksa sendiri baut yang pasang mereka. Apakah sudah benar-benar terpasang dengan kuat atau belum?
  3. Kipas outdoor rusak
    Baling-baling kipas di warung AC masih terawat dengan sangat baik sebab produk hal yang demikian dibuktikan untuk penjualan. Berbanding terbalik dengan kipas outdoor AC di rumah yang sudah digunakan bertahun-tahun. Kipasnya mulai rusak dan yang paling parah patah.
    Kipas outdoor AC yang rusak akan memberi pengaruh kerja AC, pun memunculkan bunyi yang sangat keras. Jadi, setelah membeli AC baru pastikan untuk rutin servis AC untuk upgrade situasi kipas outdoor AC.
  4. Bagian dalam AC sangat berdebu
    Potensi AC yang mulanya baik dapat berkurang seandainya AC jarang dibersihkan. Debu dan kotoran di dalam AC membuat AC semestinya bekerja lebih berat untuk mengeluarkan udara dingin. Lalu akhirnya, AC akan mengeluarkan bunyi lebih keras.
    Solusi permasalahan ini jauh lebih gampang dari sebelumnya, kita cukup buka komponen dalam AC untuk membersihkannya. Membersihkan AC Cassette Inverter memang sebaiknya dikerjakan beberapa kali dalam setahun.

Sumber: acwahana.com