Mengenal Lebih Jauh Tentang Pemanas Air Tenaga Surya

0
9
views
sumber: google.co.id

Pemanas air bertenaga matahari yakni teknologi terupdate dan sungguh-sungguh inovatif dalam pengaplikasian pemanas air. Macam ini jauh lebih efektif dan efisien dari segi tarif, performa serta penghematan energi diperbandingkan pemanas dengan energi listrik dan gas.
Pemanas dengan energi listrik atau gas memerlukan tarif bulanan dan sungguh-sungguh tergantung pada listrik serta gas yang yakni sumber energi alam tidak dapat diperbarui. Meski pemanas air energi matahari, memanfaatkan cahaya matahari yang tersedia melimpah ruah dan yakni sumber energi alam dapat diperbarui.
Apa itu pemanas air energi surya?
Seperti yang telah sedikit diterangkan di atas, bahwa pemanas air energi surya atau yang diketahui pula dengan sebutan ‘Solar Water Heater’ yakni pemanas yang mengaplikasikan beragam penemuan serta teknologi. Pemanas air energi matahari juga memanfaatkan cahaya matahari. hal ini tentu sungguh-sungguh mendukung penghematan energi di tengah-tengah krisis energi yang terjadi di dunia dikala ini. Sebagai konsumen yang cerdas maka pemanas air energi surya yakni opsi yang paling pas.
Komponen pemanas air energi surya
Dalam perangkat pemanas air energi matahari, terdapat beberapa bagian yang dikolaborasikan sehingga menghasilkan cara kerja yang optimal. Beberapa bagian yang mempunyai peranan penting tersebut antara lain:
– Kolektor peresapan panas
Komponen yang pertama yakni kolektor penyerap panas. Kolektor ini yakni sejumlah zona yang cukup luas dan tersedia dan berfungsi untuk menyerap cahaya matahari. dalam pemansa air energi surya, terdapat dua variasi kolektor yang dapat diterapkan. Macam yang pertama yakni kolektor flat yang berbentuk kotak tertutup dengan cara isolasi dengan bahan kaca atau plastik tebal. Lempengan yang dimiliki kolektor ini yakni lempengan luas dengan bahan konduktor sehingga mampu menyerap panas denan sempurna.
Meski variasi kolektor yang kedua yakni tabung vacuum. Kolektor variasi ini dilengkapi dengan dua buah tabung kaca yang mempunyai rongga kedap udara sebagai isolator yang sungguh-sungguh efektif dalam menahan panas tetap berada di daerah dan tidak menyebar keluar. Kolektor tabung vacuum dinilai lebih efektif dibanding kolektor flat karena mempunyai heat loss atau kehilangan panas yang sungguh-sungguh minim.
– Tangki penampungan
Komponen kedua pada pemanas air energi solar yakni tangki penampungan. Tangki ini berfungsi sebagai daerah penampungan air bersuhu panas. Air panas yang ditampung disini yakni air yang sukses dipanaskan oleh kolektor penyerap panas yang diterangkan di atas. Agar heat loss atau kehilangan panasnya juga minimal, tangki ini diberi lapisan isolasi yang mumpuni.
Cara kerja pemanas air energi matahari
Dalam pengerjaan pemanasan hingga pengaliran air panas hingga ke pengguna, solar water heater mempunyai cara kerja yang dibilang cukup unik. Terdapat dua variasi cara kerja yang diterapkan yakni cara aktif dan cara pasif. Pada cara aktif, pemanas air ini memerlukan bantuan dari pompa untuk mendistribusikan air panas hingga hingga ke pengguna. Meski pada cara pasif, tidak dipergunakan bagian tambahan seperti pompa atau sejenisnya. Pada cara ini, pemanas air benar-benar mengandalkan kemampuan alam dalam hal pendistribusian air.
Komponen hingga cara kerja pemanas air energi surya memang sungguh-sungguh berbeda dengan pemanas air energi listrik ataupun gas. Pemanas air energi matahari jauh lebih efektif dan hemat energi diperbandingkan keduanya.

 

Sumber: intisolar.com