Mekanisme Kerja dan Komponen AC AHU

0
42
views
sumber: google.co.id

AC bukan istilah asing di zaman modern seperti ini, namun bagaimana dengan AC AHU? Pernahkah Anda mendengar perihal AHU? Bagaimana sistem kerjanya dan apa kaitannya dengan penyejuk udara? Berita selengkapnya simak berikut.
Bagaimana mekanisme kerja AC AHU?
Air Handling Unit yakni perangkat kerja yang berfungsi untuk mengontrol udara bersih untuk ditransfer ke dalam ruangan. Kecuali berfungsi sebagai alat transfer udara, AHU juga berprofesi secara konstan untuk melembapkan udara serta menilai temperatur udara. Itulah kenapa, udara dingin yang diperoleh dari pelaksanaan AHU jauh lebih menyehatkan.
Perangkat yang satu ini mempunyai sebagian bagian yang secara keseluruhan bersinergi untuk menjalankan fungsinya masing-masing. Tahukah Anda apabila ada dua ragam udara yang disalurkan dalam ruangan mengaplikasikan prinsip atau sistem kerja AHU?
Variasi udara hal yang demikian yakni 20% udara bebas dan 80% udara peredaran. Kedua ragam udara hal yang demikian nantinya akan difilter mengaplikasikan medium saringan ataupun pre-saringan di saringan house. Progres pemfilteran berlangsung sampai udara telah cukup baik untuk disuplai menuju evaporator.
Dikala berada di evaporator, temperatur akan berubah menjadi lebih dingin berikutnya udara akan ditransfer pada blower. Di blower, banyak sedikitnya udara akan dikuasai secara ilmiah menerapkan volume dumper. Kegiatan hal yang demikian berlangsung secara bolak-balik selama mesin AHU dioperasikan.
Apa saja bagian AHU?
Dikala mengerjakan AHU, seorang teknisi mesin patut telah memahami setiap bagian perangkat seperti itu pula fungsinya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

  1. Ducting
    Sebelum udara hingga ke dalam blower, udara patut masuk terutama dulu ke bagian ducting ini. Ducting berprofesi secara konstan untuk membendung udara yang masuk dari luar ruangan AC. Sehingga udara yang ditransfer dapat lebih terjaga kwalitas sekalian keperluannya.
  2. Cooling Coil
    Komponen pendinginan yakni unit terutama yang menyusun AHU. Tanpa eksistensi cooling coil, mesin ini tak dapat berprofesi secara stabil dan lancar. Langsung, apa yang dimaksud dengan cooling coil?
    Yaitu alat penukar panas bersuhu rendah. Cooling coil masih mengimplementasikan prinsip kerja evaporasi.
  3. Saringan
    Adalah filter yang berfungsi untuk menghalau masuknya debu dari udara luar. Sehingga udara dingin yang diwujudkan oleh mesin untuk ditransfer ke ruangan yakni udara bersih yang sehat.
  4. Blower
    Bagian terakhir yakni blower ialah kipas yang fungsi utamanya untuk transfer udara. Udara yang ditransfer oleh blower yakni udara dingin. Berikutnya, udara dingin dari blower akan dipindahkan ke saluran udara.
    Itulah keempat bagian dari AHU. Anda yang tiap-tiap hari bertugas menjaga mesin ini tentu telah hafal dengan bagus ragam dan fungsi setiap komponennya. Masing-masing bagian patut dirawat secara terpola agar dapat berprofesi sebagaimana mestinya.
    Ada banyak sekali sistem kerja dari AC. Salah satunya AC AHU yang mengaplikasikan sejumlah bagian mesin untuk bisa menyalurkan udara bersih dan segar pada ruangan.

Sumber: acwahana.com