Cara Mengaplikasi Pemanas Air Tenaga Surya di Rumah

0
64
views
sumber: google.co.id

Pemanas air energi surya ialah opsi varian pemanas air paling tepat untuk diaplikasikan. Dahulu mandi air hangat cuma dapat dikerjakan di hotel berbintang saja. Tapi kini segala lapisan masyarakat dapat merasakan mandi air hangat di rumah dengan memasang pemanas air bertenaga sang surya yang benar-benar efektif, ekonomis dan hemat energi.
Sistem memasang pemanas air energi surya di rumah
Sama seperti tipe pemanas lainnya, pemanas air bertenaga surya membutuhkan sebagian prosedur pemasangan yang perlu diamati. Berikut ini sebagian kiat dan sistem pemasangan solar water heater di rumah:
1. Mempertimbangkan peletakan unit pemanas dan kran air hangat
Langkah pertama sebelum pemasangan pemanas air bertenaga surya ialah memastikan terutama dahulu area peletakan unit pemanas air dengan kran di mana air hangat dialirkan bagi para penggunanya. Beberapa area yang baisa diaplikasikan sebagai tempat aliran kran bagi pengguna antara lain kamar mandi, dapur sampai wastafel. Meski unit mesin serta tangki penampung air pada solar water heater berlokasi secara terpisah dengan kran alirannya. Unit dan tangki biasanya diletakkan di atas atap rumah. Hal ini bertujuan supaya kolektor pemanas air energi sang surya dapat menangkap cahaya sang surya sebagai sumber energi utama secara optimal.
2. Memilih kapasitas pemanas air bertenaga surya
Sesudah posisi atau lokasi di mana kran dan unit serta tangki akan dipasang, saatnya untuk memastikan kapasitas pemanas air bertenaga surya yang hendak diaplikasikan. Hal ini berkaitan dengan kapasitas tangki yang hendak diaplikasikan. Terdapat sebagian tipe tangki dengan berjenis-jenis kapasitas mulai dari 100 liter untuk pengguna 2 sampai 4 orang dan 300 liter untuk pengguna yang berjumlah 5 sampai 7 orang.
3. Memilih material tepat
Selanjutnya opsi material bagian dan unit pemanas air energi surya yang tepat dan berkwalitas. Komponen yang berkwalitas tentu saja akan membikin masa gunakan pemanas air menjadi semakin bendung lama. Sebaiknya pilih bahan pipa maupun tangki yang terbuat dari material anti panas dan anti korosi. Tiap-tiap hari bagian tersebut akan dilalui air panas sehingga ketahanannya benar-benar perlu terjamin. Material polypropylene nampaknya jadi opsi yang tepat.
4. Melaksanakan instalasi atau penghubungan unit dengan pipa
Terakhir, masuk pada pemasangan atau instalasi unit dengan pipa pemanas air bertenaga surya. Sesudah unit terpasang di atas atap, lalu sambungkan dengan pipa yang menyediakan air bersih kemudian lubangi bagian output menuju pipa instalasi air panas yang siap disalurkan pada pengguna.
Rupanya pelaksanaan pemasangan pemanas air energi surya justru lebih mudah dan simpel dibanding pemasangan tipe pemanas air lainnya. Pemanas ini juga lebih mensupport gerakan hemat energi untuk mengurangi pemanasan global sebab memakai cahaya sang surya sebagai sumber energi utamanya.

 

Sumber: intisolar.com