5 Cara Memakai Solar Water Heater Dengan Cerdas

0
161
views
sumber: google.co.id

Dengan sering menggunakan pemanas air surya di rumah, tidak berarti semua orang tahu tentang bagaimana menggunakan pemanas air surya cerdas. Penggunaan air pemanas sekarang banyak sekali ditemukan di rumah sampai hotel yang kebutuhan air cukup banyak panas. Berikut ini cara menggunakan pemanas air surya yang dapat Anda lakukan.
Cara menggunakan pemanas air surya pintar di rumah.

  1. Bila Anda ingin menggunakan pemanas air tenaga surya maka Anda dapat beralih ke pertama ketika akan menggunakannya. Jangan lupa untuk mematikan pemanas air surya setelah digunakan.
  2. Anda dapat mengatur suhu air yang ingin Anda gunakan. Pastikan untuk tidak menggunakan terlalu tinggi suhu yang tidak menyebabkan efek samping.
  3. Bagi mereka yang menggunakan pemanas air matahari dengan tangki penyimpanan air panas, air panas siap untuk digunakan langsung. Hal ini karena ada tangki penyimpanan air yang dipanaskan.
  4. Namun, jika Anda menggunakan pemanas air tenaga surya tanpa tangki penyimpanan, maka Anda harus menunggu air dipanaskan oleh panel surya.
  5. Untuk lebih menghemat daya dan juga kebutuhan Anda, Anda dapat menggunakan pemanas air tenaga surya yang memanfaatkan sinar matahari untuk memanaskan air panas.
    Tahu pemanas air surya
    Sesuai namanya, pemanas air ini menggunakan sinar panas matahari untuk memanaskan air yang ingin Anda gunakan. Sistem ini bekerja dengan mengumpulkan panas matahari pada panel surya kemudian akan berubah menjadi air panas. Berikut adalah komponen utama dari pemanas air surya:
  6. Tangki
    tangki penyimpanan adalah tangki atau wadah yang digunakan untuk menyimpan air yang telah dipanaskan oleh kolektor panas. Untuk membuat suhu air dipanaskan yang telah menjadi lebih tahan lama maka tangki penyimpanan dilapisi dengan isolasi. isolasi ini berguna untuk menjaga suhu air di dalamnya tidak terbuang dan sisa-sisa pada suhu tinggi. Konsep tangki penyimpanan ini serta konsep termos.
  7. Collector heat sink
    Kolektor atau juga disebut panel surya adalah permukaan datar yang berfungsi untuk menyerap energi panas matahari. Kolektor ini yang Anda lihat dipasang di atap biru hitam atau gelap. Dengan kolektor adalah air yang memiliki suhu ruangan akan diubah menjadi air panas pada suhu tinggi.
    Keuntungan dari pemanas air surya adalah jika diinstal tidak memerlukan biaya operasi bulanan yang dikeluarkan oleh pemanas air dengan lebih banyak energi. Jadi itu juga membantu Anda untuk menjadi lebih efisien. Demikian pula, sebuah artikel tentang bagaimana menggunakan pemanas air surya cerdas. Semoga bermanfaat.

Sumber: intisolarbandung.com